Elon Musk Meluncurkan Perusahaan Kecerdasan Buatan xAI

- 13 Juli 2023, 11:01 WIB
Elon Musk
Elon Musk /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Pengusaha miliarder, Elon Musk, meluncurkan startup kecerdasan buatan xAI yang telah lama ia rencanakan.

Kecerdasan buatan ini ia luncurkan tepat 1 Minggu Rabu (13/7) pasca perusahaan sainganya META meluncurkan aplikasi pesaing Twitter Threads pada hari Rabu 5 Juli 2023.

Elon Musk meluncurkan perusahaan sekalian tim yang terdiri dari insinyur dari perusahaan teknologi besar AS. Ia berharap perusahaan yang diluncurkan tersebut sebagai upayanya untuk membangun alternatif untuk ChatGPT.

Startup ini akan dipimpin oleh Musk, yang sudah menjadi CEO pembuat mobil listrik Tesla (TSLA.O), CEO perusahaan peluncuran roket SpaceX dan pemilik Twitter, yang telah beberapa kali mengatakan bahwa pengembangan AI harus dihentikan sementara dan bahwa sektor membutuhkan regulasi.

Baca Juga: Saingan Twitter Yakni Threads Meningkat Menjadi 100 juta Pengguna Lebih Cepat Dari ChatGPT

Elon Musk telah berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang potensi AI untuk "kehancuran peradaban".

Dalam acara Twitter Spaces Rabu malam, Musk menjelaskan rencananya untuk membangun AI yang lebih aman. Daripada secara eksplisit memprogram moralitas ke dalam AI-nya, xAI akan berusaha untuk menciptakan AI yang "sangat ingin tahu", katanya.

"Jika mencoba memahami sifat sebenarnya dari alam semesta, itu sebenarnya hal terbaik yang bisa saya dapatkan dari sudut pandang keamanan AI," kata Elon Musk.

"Saya pikir ini akan menjadi pro kemanusiaan dari sudut pandang bahwa kemanusiaan jauh lebih menarik daripada bukan kemanusiaan,"lanjutnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x