Wajib Tau! Berikut Bahaya Fenomena Infinity Scrolling TikTok

- 24 April 2023, 20:35 WIB
TikTok
TikTok /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Fenomena infinite scrolling bukan hal yang jarang. Mengingat meledaknya media sosial satu ini, sebuah survei dari Pew Research Center tahun 2022 menunjukkan 67 persen remaja menggunakan TikTok. Sedangkan 16 persennya membuka TikTok secara terus-menerus.



Siapa pun bisa menjadi mangsa scrolling ini. Lisa Pion-Berlin, seorang psikolog dan presiden Parents Anonymous dalam Pop Science mengatakan, orang yang lebih muda sangat rentan dengan infinite scrolling karena otaknya belum berkembang sepenuhnya sampai usia 25 tahun.

Sebetulnya, platform media sosial seperti TikTok tidak terlalu buruk. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan media sosial dapat memicu perasaan keterhubungan dan kesejahteraan yang positif. Media sosial juga memungkinkan orang-orang untuk berekspresi.

Pada akhirnya, bagaimana media sosial membuat orang merasa tergantung pada bagaimana mereka menggunakannya.

Baca Juga: Epic Games Adakan Sale Besar-besaran, Bagikan Empat Game Gratis!

Misalnya, penggunaan media sosial yang berlebihan bisa menyebabkan kecemasan, kesepian, dan persepsi buruk tentang diri sendiri.

"Semakin kita terikat dengan perangkat kita, semakin bermasalah," kata Lisa Strohman, seorang psikolog dan pendiri Digital Citizen Academy.

Nah, ini dia beberapa bahaya infinite scrolling:

1. Meningkatkan perasaan cemas, kesedihan, dan merasa tertinggal.
2. Terpisah dari kenyataan
3. Insomnia.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x