Ini Alasan TikTok Hanya Berikan Akses 1 Jam untuk Pengguna Akun Berusia di Bawah Umur 18 Tahun

- 4 Maret 2023, 23:42 WIB
Aplikasi TikTok di Handphone- Pexels
Aplikasi TikTok di Handphone- Pexels /

EDITORNEWS.ID – Melalui akun resminya, TikTok akan memberlakukan batas waktu akses hanya 1 jam untuk setiap akun pengguna di bawah usia 18 tahun.

Namun diinformasikan pemebrlakuan batas waktu akses hanya diterapkan dalam beberapa pekan mendatang.

Alasan tindakan ini diambil oleh TikTok, yakni karena meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan dan kemampuan TikTok untuk mengubah algoritmenya untuk menolak siaran tertentu.

Langkah tersebut juga dilakukan, setelah TikTok dan platform media sosial lainnya menghadapi kritikan atas dampaknya terhadap pengguna berusia muda.

Kebijakan baru ini juga mencerminkan aturan permainan yang berlaku untuk anak di bawah umur di China, tempat perusahaan induk TikTok, ByteDance, berbasis.

Baca Juga: Meta Mengubah Sistem 'Cross-Check' Kontroversialnya Untuk Mengklafikasi Level VIP User

“Di TikTok, kami ingin menciptakan komunitas yang aman dan ramah untuk semua orang. Ketika anak remaja mulai membangun kehadiran di dunia online, penting bagi mereka untuk meninjau dan mempelajari kontrol serta pengaturan privasi mereka,”tulis platform TikTok pada keterangan resminya, dikutip Sabtu (4/3).

Dalam keterangan resminya tersebut, TikTok juga membagikan beberapa pengaturan privasi default untuk pengguna di bawah usia 18 tahun. Hal ini dilakukan karena persyaratan usia minimum di seluruh wilayah bervariasi.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x