Microsoft Capai Nilai Pasar 3 Triliun Dolar, Perkokoh Posisinya

- 29 Januari 2024, 22:18 WIB
Gambar menampilkan logo Microsoft di kantor Microsoft di Issy-les-Moulineaux dekat Paris, Prancis, pada 25 Januari 2023.
Gambar menampilkan logo Microsoft di kantor Microsoft di Issy-les-Moulineaux dekat Paris, Prancis, pada 25 Januari 2023. /REUTERS/Gonzalo Fuentes/

EDITORNEWS.ID - Nilai pasar saham Microsoft melewati titik 3 triliun dolar AS untuk pertama kalinya, Rabu, 24 Januari 2024.

Semakin perkuat posisi perusahaan paling berharga kedua di dunia, mengikuti Apple.

Saham Microsoft dan Apple telah bersaing untuk posisi teratas sebagai saham paling berkapitalisasi di Wall Street sejak awal tahun, dengan pembuat iPhone secara singkat kehilangan mahkotanya ke raksasa perangkat lunak pada awal Januari. 

Saham Microsoft mencapai rekor tertinggi 405,15, dolar AS naik 1,6 persen, memungkinkan raksasa teknologi untuk menembus tingkat kapitalisasi pasar 3 triliun. Saham Apple diperdagangkan pada 196,04, dolar AS naik 0,4 persen, memberikan nilai pasar 3,03 triliun, menurut data LSEG.

Baca Juga: LG Buka Pabrik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Amerika

Dengan dukungan dari perusahaan OpenAI yang diinvestasikannya, Microsoft dikenal sebagai salah satu pemimpin pada dominasi pasar AI dibanding dengan raksasa teknologi lainnya, seperti Google, Meta, Amazon, dan Oracle.

Menggunakan teknologi OpenAI, Microsoft telah meluncurkan versi yang lebih baru dari produk perangkat lunak produktivitas andalannya serta mesin pencari Bing-nya, yang diharapkan dapat bersaing lebih baik dengan penawaran pencarian dominan Google. 

Dilain sisi, Apple mengalami penurunan pada produk andalannya yaitu Iphone, terutama di China, di mana perusahaan menawarkan diskon langka kepada pelanggan untuk meningkatkan penjualan di tengah persaingan ketat dari saingan lokal seperti Huawei.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x