Bisnis Samsung Anjlok Penurunan Laba Oprasional Sebesar 35 Persen Pada Kuartal IV 2023

- 9 Januari 2024, 22:45 WIB
Logo Samsung Electronic.
Logo Samsung Electronic. /REUTERS/Kim Hong-Ji/

EDITORNEWS.ID - Penurunan saham Samsung memproyeksikan penurunan laba operasional sebesar 35 persen pada kuartal IV 2023.

Hal ini disebabkan lemahnya permintaan di beberapa unit bisnis Samsung. Hanya bisnis chip memori yang menunjukkan pertumbuhan positif.

Sebelumnya Samsung memperkirakan laba operasional kuartal IV 2023 mencapai 2,8 triliun won (US$ 2,13 miliar), merosot 35 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4,31 triliun won.

Adapun pada kuartal sebelumnya, perusahaan mengantongi laba operasional 2,43 triliun won. Target Samsung di bawah proyeksi SmartEstimate dari LSEG yang ditaksir menembus 3,7 triliun won.

Baca Juga: Microsoft Tambahkan Tombol Shortcut untuk Mengaktifkan AI

Laba operasional pada kuartal II merosot tajam hingga 95 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada akhir Oktober 2023.

Harga chip memori turun secara drastis tahun lalu, akibat surplus inventaris pasca-COVID-19 dan permintaan lemah telah mencapai titik terendah setelah melakukan pemangkasan produksi.

Angka itu juga di bawah ekspektasi karena ketatnya persaingan dan tingginya pengeluaran marketing di sektor televisi dan perangkat rumah tangga. Selain itu, inflasi juga menjadi faktor penambah.

Bukan cuma bisnis Samsung yang tengah terpukul. Kompetitornya, LG Electronics, melaporkan profit operasional sebesar 313 miliar won pada Q4 2023.***

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x