Drama! Kursi Waketum PSSI Akhirnya Resmi Terisi

- 17 Februari 2023, 19:28 WIB
Susunan pimpinan PSSI, Erick Thohir sebagai Ketua dan Zainuddin Amali serta Ratu Tisha sebagai Waketum 1 & 2
Susunan pimpinan PSSI, Erick Thohir sebagai Ketua dan Zainuddin Amali serta Ratu Tisha sebagai Waketum 1 & 2 /

EDITORNEWS.ID - Kongres Luar Biasa PSSI 2023 digelar kemarin, Kamis 16 Februari. Kongres tersebut menghasilkan Erick Thohir yang resmi terpilih menjadi Ketua Umum setelah mengungguli tiga calon lainnya.

Selain memilih ketua umum, KLB juga mengagendakan pemilihan wakil ketua PSSI. Tak seperti pemilihan ketua, pemilihan Waketum PSSI diwarnai dengan drama yang membuat publik pecinta sepakbola Indonesia heboh. Bagaimana tidak, dalam proses pemilihan Waketum kemarin sempat diwarnai dengan ketegangan.

Pemilihan Waketum harus diulang, karena ada dugaan penyalahgunaan data. Beberapa suara milik salah satu calon tidak muncul ketika proses perhitungan suara. Alhasil hal itu diprotes beberapa voter yang hadir.

Selain hilangnya suara, dugaan juga mengarah pada terjadinya penggelembungan suara terhadap salah satu calon. Hal ini diketahui dari kalkulasi total suara yang ternyata melebihi hak suara dari voter. Ini mengindikasikan adanya suara fiktif yang digunakan untuk memenangkan salah satu pihak yang mencalonkan diri sebagai Waketum PSSI.

Baca Juga: Beberapa Miliarder Dunia Tertarik Mengakuisisi Kepemilikan Manchester United

Namun berbagai kejanggalan itu akhirnya diselesaikan dengan cara melakukan voting ulang. Hal itu dilakukan supaya tidak ada kecurigaan dan untuk memastikan bahwa tidak ada penggelembungan suara.

Sebelumnya, Waketum PSSI yang terpilih adalah Zainuddin Amali dan Yunus Nusi, namun ketika dilakukan voting ulang Ratu Tisha berhasil menggeser posisi Zainuddin Amali dan terpilih menjadi Waketum PSSI periode 2023-2027.

Namun drama belum usai. Setelah hasil voting jilid dua dianggap sah, Yunus Nusi tiba-tiba mengundurkan diri sebagai Waketum PSSI. Pengunduran diri dilakukan di hadapan komite pemilihan.

Yunus Nusi mengungkapkan bahwa alasannya mengundurkan diri adalah demi kebaikan bersama. Menurutnya, ia tidaklah lebih baik dari Menpora Zainuddin Amali. Oleh karena itu, menurut Yunus sudah sebaiknya Zainuddin Amali lah yang menempati posisi sebagai Waketum PSSI bersama dengan Ratu Tisha.

Baca Juga: Napoli Sulit Dibendung Di Serie A, Sassuolo Akan Menjadi Mangsa Selanjutnya

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x