Latihan AS dan Korea Selatan Difokuskan Pada Kemungkinan Serangan Nuklir Korea Utara

- 24 Februari 2023, 11:30 WIB
Pejabat AS dan Korea Selatan mengambil bagian dalam simulasi latihan 'Table Top'
Pejabat AS dan Korea Selatan mengambil bagian dalam simulasi latihan 'Table Top' /

EDITORNEWS.ID - Pejabat AS dan Korea Selatan mengambil bagian dalam simulasi latihan "Table Top" yang berfokus pada kemungkinan Korea Utara menggunakan senjata nuklir, kata Pentagon pada Kamis, 23 Februari 2023.

Korea Utara yang bersenjata nuklir meluncurkan sejumlah rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun lalu, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mencapai daratan AS.

Pejabat AS dan Korea Selatan juga telah memperingatkan Korea Utara dapat mempersiapkan uji coba pertama perangkat nuklirnya sejak 2017.

Ini adalah latihan table-top komite strategi penangkalan AS dan Korea Selatan ke-8 yang dikenal sebagai DSC TTX.

Baca Juga: Setelah Satu Tahun Perang Rusia di Ukraina, Dapatkah China Membantu Mengakhiri Konflik?

"Mengingat kebijakan nuklir agresif DPRK baru-baru ini dan kemajuan dalam kemampuan nuklir, skenario (table-top) berfokus pada kemungkinan penggunaan senjata nuklir oleh DPRK," sebuah pernyataan Pentagon mengatakan, menggunakan akronim dari nama resmi negara itu, Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Delegasi AS dan Korea Selatan memfokuskan diskusi mereka pada penangkalan aliansi untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan opsi potensial untuk merespons untuk penggunaan senjata nuklir DPRK," tambah pernyataan itu, tetapi tidak mengatakan secara spesifik skenario apa yang dimainkan.

Setelah simulasi latihan dilakukan di Pentagon pada Rabu, para pejabat dari kedua negara mengunjungi Pangkalan Kapal Selam Angkatan Laut Kings Bay di Georgia.

"Para delegasi membahas cara terbaik untuk memanfaatkan kemampuan non-nuklir (Korea Selatan) untuk mendukung penangkalan nuklir terhadap ancaman nuklir DPRK," tambah pernyataan itu.

Baca Juga: Di EROPA TikTok Mulai Dilarang, Komisi Eropa (EC) Melarang Karyawannya untuk Memakai TikTok

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x