NATO Bersumpah untuk Memperkuat Pertahanan Ukraina Ketika Putin Memperkuat Hubungan Dengan China

- 23 Februari 2023, 12:56 WIB
Presiden AS Joe Biden bertemu NATO dan para pemimpin Eropa
Presiden AS Joe Biden bertemu NATO dan para pemimpin Eropa /

EDITORNEWS.ID - Presiden AS Joe Biden bertemu NATO dan para pemimpin Eropa di Warsawa pada hari Rabu, 22 Februari 2023, dengan sekutu bersumpah untuk memperkuat pertahanan "dari Baltik ke Laut Hitam"  ketika Rusia berusaha untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan China.

Biden yang kini telah meninggalkan ibu kota Polandia menghadiri pertemuan dengan kepala NATO Jens Stoltenberg dan kepala negara-negara Eropa timur dalam upaya untuk menopang dukungan bagi Kyiv hampir setahun setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Para pemimpin Bulgaria, Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Rumania, dan Slovakia bergabung dalam pembicaraan di tengah kekhawatiran yang meluas di negara mereka bahwa konflik dapat tumpah.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan itu, para pemimpin bersumpah untuk lebih "memperkuat postur penangkalan dan pertahanan kami di seluruh sayap Timur dari Baltik ke Laut Hitam".

Baca Juga: Bagaimana Orang Korea Selatan Lebih Awet Muda dan Selalu Bahagia, Berikut Beberapa Tipsnya

Stoltenberg mendesak sekutu untuk meningkatkan dukungan bagi Ukraina dengan mengatakan: "Kami tidak dapat membiarkan Rusia terus mengganggu keamanan Eropa".

Majelis Umum PBB juga bertemu pada hari Rabu, dengan Kyiv dan sekutunya berharap untuk mengumpulkan dukungan luas untuk resolusi yang menyerukan "perdamaian yang adil dan abadi".

Di Moskow, Presiden Vladimir Putin menghadiri rapat umum patriotik, mengatakan kepada kerumunan puluhan ribu orang bahwa Rusia berjuang "untuk tanah bersejarah kami, untuk rakyat kami".

Di antara hadirin, Ulyana, seorang pengacara berusia 47 tahun mengatakan kepada AFP bahwa dia datang untuk "presiden kami, orang-orang kami yang membela negara kami".

Baca Juga: Uni Eropa Mendukung ASEAN dalam Menangasi Kasus yang Terjadi di Myanmar

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah