Baru Dari Kunjungan Mendadak ke Ukraina, Presiden Joe Biden Mengumpulkan Sekutu NATO di Polandia

- 22 Februari 2023, 15:19 WIB
Biden menggunakan perjalanan itu untuk menggalang dukungan bagi Ukraina
Biden menggunakan perjalanan itu untuk menggalang dukungan bagi Ukraina /

EDITORNEWS.ID - Pada Selasa, 21 Februari 2023, Presiden Amerika Serikat menyatakan dukungan "tak tergoyahkan" untuk Kyiv dan komitmen untuk memperkuat sayap timur aliansi.

"Satu tahun yang lalu, dunia sedang berjuang untuk jatuhnya Kyiv," kata Biden di Kastil Kerajaan Warsawa. "Saya dapat melaporkan: Kyiv berdiri kuat, Kyiv berdiri dengan bangga, ia berdiri tegak dan yang paling penting, ia berdiri bebas."

Biden menggunakan perjalanan itu untuk menggalang dukungan bagi Ukraina saat perang memasuki tahun kedua tanpa akhir yang terlihat, pada hari yang sama ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato besar yang membatalkan kesepakatan nuklir dengan Washington.

Sebelumnya pada hari Selasa, Biden bertemu sekutu NATO Presiden Polandia Andrzej Duda, salah satu pendukung paling vokal dari dukungan Barat yang lebih kuat untuk Kyiv.

Baca Juga: Biden dan Putin Berbicara, Sekarang Fokus Perang Akan Kembali Ke Periode yang Menentukan Di Lapangan

Itu menyusul perjalanan mendadak pada hari Senin ke Ukraina, menandai pertama kalinya dalam ingatan baru-baru ini bahwa seorang presiden AS telah melakukan perjalanan seperti itu ke negara yang berperang tanpa pasukan AS di darat yang mengendalikan daerah tersebut.

"Ketika Presiden Putin memerintahkan tank-tanknya untuk meluncur ke Ukraina, dia pikir kami akan berguling," kata Biden. "Dia salah."

Duda mengatakan kunjungan Biden menunjukkan komitmen AS untuk menjaga keamanan di Eropa dan menggambarkan pemberhentian Biden di Kyiv sebagai "gerakan luar biasa".

Polandia memiliki perbatasan terpanjang NATO dengan Ukraina dan telah menjadi rute utama untuk senjata dan keluar untuk pengungsi. Kedua pemimpin diharapkan untuk membahas keamanan Polandia dan meningkatkan sumber daya NATO di sana.

Baca Juga: NATO Bereaksi Setelah Rusia Menarik Diri dari Kesepakatan Nuklir, Ini Akan Menjadi Ancaman Bagi Dunia

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x