Jembatan Francis Scott Key Sepanjang 2,6 Km Ambruk, Enam Orang Kru Konstruksi Dinyatakan Hilang

- 27 Maret 2024, 11:06 WIB
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore Ambruk Ditabrak Kapal Singapura, 20 Orang Terjatuh 6 Masih Hilang
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore Ambruk Ditabrak Kapal Singapura, 20 Orang Terjatuh 6 Masih Hilang /Reuters

EDITORNEWS.ID - Dilaporkan enam orang dinyatakan hilang atas insiden kapal kargo menabrak jembatan besar di Kota Baltimore, Amerika Serikat, Selasa pagi 26 Maret, waktu setempat. 

Jembatan Francis Scott Key sepanjang 2,6 km rubuh terletak di Baltimore merupakan kota terbesar di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. 

Peristiwa rubuhnya jembatan di dekat pelabuhan ini, berawal pada pukul 01.28 waktu setempat, sebuah kapal kargo berbendera Singapura akan melintas dibawah jembatan tersebut.

Kepala Badan Transportasi Maryland Paul Wiedefeld mengatakan keenam enam orang yang hilang diyakini merupakan bagian dari kru konstruksi yang sedang mengerjakan jembatan berlubang ketika jembatan tersebut ditabrak sekitar pukul 01.30 waktu setempat.
 
 
Belum diketahui pasti apakah ada mobil yang melintasi jembatan ketika jembatan itu ambruk.
 
Namun, Gubernur Maryland Wes Moore mengatakan operator kapal kontainer Dali mengirim pesan lewat radio seruan mayday.

Seruan itu memungkinkan para petugas berwenang di jembatan mulai menghentikan arus lalu lintas, sehingga tidak lebih banyak mobil-mobil memasuki jembatan.

Moore tidak mengatakan apakah ada kendaraan yang berada di jembatan pada saat tabrakan terjadi. Dia menekankan bahwa penyelidikan masih berlangsung.

Baca Juga: Rusia Sebut 10 WNI Jadi Tentara Bayaran Ukraina Empat Tewas

“Banyak kendaraan dihentikan sebelum mereka sampai ke jembatan, hal ini menyelamatkan nyawa dengan cara yang sangat, sangat heroik,” ujar dia.

Jembatan tersebut merupakan salah satu dari tiga jalan utama yang digunakan menuju Pelabuhan Baltimore, dan setiap harinya digunakan sekitar 35.000 orang yang melintas.

Moore mengatakan pihak berwenang hanya berupaya menemukan enam orang yang dipastikan hilang setelah insiden tersebut.

Sementara dilaporkan Pihak Otoritas Transportasi Maryland akibat rubuhnya jembatan tersebut, semua jalur ditutup kedua arah karena kejadian di Jembatan Kunci I-695 dan arus lalu lintas juga telah dialihkan.

Baca Juga: The Body Shop Mengumumkan Tutup dan Bangkrut, Waralaba Kosmetik Terbesar di Dunia

Bagi warga Maryland, ujarnya, berita bahwa jembatan itu ambruk pada Selasa pagi adalah peristiwa mengejutkan dan memilukan.

“Bagi setiap orang di antara kita yang merupakan warga Maryland, kata-kata bahwa Jembatan Key telah hilang masih tetap mengguncang kita, karena selama 47 tahun hanya itulah yang kita ketahui," ujarnya kepada wartawan pada konferensi pers.

"... dan ini bukan hanya belum pernah terjadi sebelumnya dari apa yang kita lihat, apa yang kita lihat hari ini sungguh memilukan," katanya lagi.

Dua orang telah diselamatkan oleh tim penyelamat, termasuk satu orang yang dibawa ke rumah sakit setempat dalam kondisi serius. Satu lainnya menolak perawatan medis.

Baca Juga: The Body Shop Mengumumkan Tutup dan Bangkrut, Waralaba Kosmetik Terbesar di Dunia

Dari video yang beredar terlihat bagian sisi sebelah kanan kapal menghantam tiang jembatan dan di saat hitungan setik, jembatan rubuh dan menimpa kapal tersebut
terlihat kepulan asap hitam tebal keluar dari kapal kontainer.

Akan tetapi, kapal tersebut menabrak bagian tiang jembatan dan terbakar, serta tak lama setelah itu jembatan Francis Scott Key terlihat rubuh. Suhu air di Sungai Patapsco pada Selasa pagi mencapai 8 derajat Celsius, menurut data pelacakan federal.***

 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x