Microsoft Geser Apple dari Perusahaan Terbesar Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

- 16 Januari 2024, 13:08 WIB
Saham Apple mengakhiri tahun lalu dengan keuntungan sebesar 48%.
Saham Apple mengakhiri tahun lalu dengan keuntungan sebesar 48%. /Reuters

EDITORNEWS.ID - Microsoft telah melampaui Apple untuk menjadi perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, hal ini dipacu oleh pengembangan artificial intelligence (AI) yang semakin meningkat dan menarik lebih banyak dukungan dari para investor.

Bersama raksasa teknologi Nvidia dan Amazon, Microsoft terus menerus mengembangkan inovasi pada sektor AI, dan menghasilkan ledakan pasar yang substansial selama satu tahun belakangan ini, nilai pasar Microsoft telah meningkat lebih dari 1 triliun dolar AS.

Analis menarik kesejajaran antara pergeseran ini dan awal 2000-an, ketika perusahaan teknologi dan internet mulai menggantikan perusahaan konsumen dan keuangan di garis depan eselon tertinggi pasar.

Menurut data LSEG, kapitalisasi pasar Microsoft mencapai 2,887 triliun dolar AS, tertinggi yang pernah ada, sementara kapitalisasi pasar Apple adalah 2,875 triliun dolar AS pada penutupan Jumat lalu setelah memuncak sebesar 3,081 triliun dolar AS pada 14 Desember.

Baca Juga: Filipina akan Kembangkan Pulau-pulau yang Terletak di Laut China Selatan

Microsoft telah memasukkan teknologi OpenAI di seluruh rangkaian perangkat lunak produktivitasnya, sebuah langkah yang membantu memicu rebound dalam bisnis komputasi awannya pada kuartal Juli-September. Kepemimpinan AI-nya juga telah menciptakan peluang untuk menantang dominasi pencarian web Google.

Di lain sisi, Apple menghadapi penurunan permintaan yang cukup berdampak pada bisnisnya. Bahkan pada produk andalan seperti Iphone, mengalami penurunan permintaan.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x