Tiga Kapal Perang Dari Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat Melakukan Latihan Pertahanan Rudal Balistik

- 22 Februari 2023, 19:53 WIB
Latihan trilateral itu berlangsung tak lama setelah Korea Utara meluncurkan ICBM Hwasong-15
Latihan trilateral itu berlangsung tak lama setelah Korea Utara meluncurkan ICBM Hwasong-15 /

EDITORNEWS.ID - Pada Selasa, 21 Februari 2023, di perairan timur Korea dalam unjuk kekuatan yang jelas terhadap uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Korea Utara baru-baru ini, menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) Seoul.

Kapal perusak Aegis Angkatan Laut Korea Selatan ROKS Sejong the Great mengadakan latihan dengan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Barry dan kapal perusak Aegis kelas Aago Jepang.

Latihan trilateral itu berlangsung tak lama setelah Korea Utara meluncurkan ICBM Hwasong-15 pada Sabtu lalu yang diyakini secara teoritis mampu mengenai target di mana pun di daratan AS.

Mereka juga menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur, Senin, 20 Februari 2023, sebuah tindakan yang tampaknya mensimulasikan penargetan pangkalan udara Korea Selatan dan AS di Cheongju, Provinsi Chungcheong Utara.

Baca Juga: India Tidak Ingin Kelompok G20 Membahas Sanksi Terhadap Rusia Atas Invasinya Ke Ukraina

JCS Korea Selatan mengatakan latihan terbaru itu berfokus pada peningkatan interoperabilitas pasukan kolektif ketiga negara.

"Latihan itu dilakukan, bertujuan untuk berbagi informasi target rudal balistik dan menguasai prosedur deteksi, pelacakan, dan intersepsi," kata JCS dalam sebuah pernyataan media.

"Melalui latihan angkatan laut itu, Korea Selatan, AS, dan Jepang telah memperkuat kerja sama keamanan dan sistem respons."

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x