Ketahui! Beberapa Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

- 15 Mei 2024, 22:56 WIB
Ilustrasi : Atlet renang  Kota Jambi
Ilustrasi : Atlet renang Kota Jambi /Editornews/

EDITORNEWS.ID - Tak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru.

Olahraga ini dapat melatih otot-otot yang terlibat dalam pernapasan dan meningkatkan volume udara yang bisa ditampung paru-paru, sehingga cocok untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Ada berbagai gaya berenang yang dikenal, masing-masing dengan teknik dan manfaatnya sendiri. Gaya paling umum termasuk gaya bebas (freestyle), gaya punggung (backstroke), gaya dada (breaststroke), dan gaya kupu-kupu (butterfly).

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 15 Mei 2024, rikut sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental pecinta olahraga renang:

Baca Juga: Timnas U-23 Kalah Semifinal Lawan Uzbekistan, Pj Gubernur Sumut Akui Prestasi Garuda Muda Membanggakan

1. Kurangi Stres dan Tingkatkan Mood
Berenang memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh, membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, latihan berenang melepaskan endorfin, zat kimia dalam otak yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat utama berenang adalah menjaga kesehatan jantung. Selama berenang, tubuh bekerja keras untuk menggerakkan seluruh otot, termasuk jantung.

Aktivitas ini membantu melatih jantung untuk memompa darah dengan lebih efisien, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

3. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Paru
Selain baik untuk jantung, berenang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Saat berenang, tubuh akan menggunakan paru-paru untuk mengatur napas secara teratur dan efisien.

Baca Juga: Pratama Arhan Diserang Netizen Gara-gara Gol Bunuh Diri Piala Asia U-23, Ibu Mertua:Tetap Bangga

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah