Tak Perlu Kuatir Kolesterol? Empat Tips Aman Konsumsi Daging Kurban

- 17 Juni 2024, 20:48 WIB
Daging Kurban
Daging Kurban /

EDITORNEWS.ID - Hari Raya Idul Adha merupakan puncak bulan Dzulhijjah dan identik dengan pemotongan hewan kurban. Muslim berlomba-lomba membeli hewan kurban untuk disembelih yang kemudian dibagikan bagi warga sekitar.

Penuh olahan masakan daging kadang membuat orang kalap dan bisa menimbulkan gangguan, salah satunya kolestrol.

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak, dan lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Namun, Kolesterol dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Jika terus bertambah, akan menjadi endapan yang menyumbat aliran darah melalui arteri.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 17 Juni 2024, berikut sejumlah tips agar terhindar dari kolesterol seusai memakan daging kurban:

1. Perhatikan Cara Memasak
Di Indonesia, daging kambing biasa diolah menjadi menu berlemak tinggi seperti gulai dan sate. Daging yang bercampur santan dimasak dengan suhu tinggi dalam waktu lama membuat kandungan lemak dan kolesterolnya bertambah.

Pada menu sate, kolesterol tinggi berasal dari bumbu kacang dan minyak berlebih. Ditambah dengan olesan mentega yang digunakan saat membakar daging.

Saat memasak, potong semua lemak yang terlihat dari daging sebelum dimasak. Apabila ingin diolah menjadi menu sop, akan lebih baik jika daging dimasak sehari sebelumnya. Lalu, lemak yang mengambang dari rebusan dan kaldu sup sebaiknya juga dibuang.

Baca Juga: Bahaya Stres dan Perlu Manajemen Stres Agar Mental Tetap Sehat

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah