Lima Langkah Cara Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

- 23 Mei 2024, 22:02 WIB
Cara Hidup Sehat
Cara Hidup Sehat /Aditya Saxena

EDITORNEWS.ID -  Setiap orang ingin hidup sehat, bahagia dan kesejahteraan yang cukup tentu menjadi dambaan serta tujuan hidup hampir semua orang. Hidup sehat dan bahagia sebenarnya bukan sesuatu yang sulit didapatkan.

Tapi semua hal tersebut tentu tidak datang begitu saja, tetapi perlu diupayakan dan tidak serta merta bisa dengan mudah di raih tetapi perlu diupayakan.

Seperti dikutip dari laman NZ Herald, Kamis, 21 Mei 2024, penelitian psikologis menunjukkan kesejahteraan jangka panjang berasal dari komitmen mengejar kesenangan dan makna.

Psikolog Martin Seligman pernah memaparkan model 'Perma' untuk mencapai kesejahteraan. Ini merupakan akronim yang mewakili lima pilar kesejahteraan.

Baca Juga: Ketahui, Empat Manfaat Makan Kacang Mete Bagi Kesehatan

Menurut Seligman, itu adalah emosi positif, keterlibatan, hubungan, makna, dan pencapaian. Model ini menyarankan pemenuhan kebutuhan mendasar dan psikologis manusia, yakni kompetensi, otonomi, dan keterhubungan.

Sebuah studi tahun 2016 terhadap 1.624 peserta yang direkrut secara daring menemukan keberhasilan intervensi berdasarkan model Perma. Penerapan itu membuat tingkat kebahagiaan peserta melonjak dan membantu mengurangi gejala depresi.

Penelitian lain menemukan bahwa intervensi berbasis Perma meningkatkan kesejahteraan mahasiswa setelah pandemi Covid-19. Bahkan, penerapannya mampu meningkatkan kondisi emosional pasien kanker paru-paru, dan mengurangi kecemasan pada pasien kanker payudara.

Dosen psikologi terapan di De Montfort University Leicester, Inggris, Ben Gibson menjelaskan, model Perma menyarankan agar seseorang bertindak dengan cara yang membuatnya merasa kompeten, memegang kendali, dan terhubung dengan orang lain.

Baca Juga: Ternyata! Minum Dua Cangkir Teh Sehari Dapat Menurunkan Tingkat Stres

Berikut lima hal sederhana yang bisa membuat hidup Anda sehat sekaligus bahagia.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah