Ketahui, Lima Minuman Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Dan Daya Ingat

- 3 Juni 2024, 22:21 WIB
Manfaat dan Tradisi Wedang Ronde, Minuman Tradisional yang Kaya Rasa dan Budaya
Manfaat dan Tradisi Wedang Ronde, Minuman Tradisional yang Kaya Rasa dan Budaya /

EDITORNEWS.ID - Menjaga kesehatan otak menjadi perhatian utama bagi banyak orang dalam menjaga gaya hidup sehat.

Ternyata, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat. 

Termaksud minuman yang mengandung antioksidan, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral dapat mendukung kesehatan otak serta membuat otak cerdas dan membantu meningkatkan daya ingat.

Kendati begitu, nutrisi yang baik harus tetap diimbangi dengan gaya hidup sehat. Termasuk tidur yang cukup, olahraga teratur, dan pengelolaan stres.

Baca Juga: Lima Langkah Cara Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Seperti dilansir dari laman Web MD dikutip dari PMJ.com, Senin, 3 Juni 2024, berikut sejumlah minuman yang dipercaya dapat membuat otak cerdas:

1. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan, khususnya katekin yang dapat melindungi sel-sel otak. Minuman ini juga mengandung L-theanine, asam amino yang bisa meningkatkan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat memperbaiki suasana hati dan fungsi kognitif.

2. Kopi
Kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penuaan dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Susu Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat melintasi penghalang darah-otak dan telah terbukti meningkatkan faktor neurotrofik, yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup neuron.

Baca Juga: Ketahui, Empat Manfaat Makan Kacang Mete Bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah