Jangan Dibuang, Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui

- 9 Juni 2024, 22:03 WIB
Manfaat Biji Pepaya untuk kesehatan tubuh
Manfaat Biji Pepaya untuk kesehatan tubuh /Freepik.com/

EDITORNEWS.ID -  Banyak diantara kita belum mengetahui manfaat biji pepaya, selain daging buahnya, bagian biji pepaya ternyata juga bisa dimakan, lho.

Meski rasanya sedikit pahit, biji buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi. Nutrisi inilah yang dapat mendatangkan banyak manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh.

Biji pepaya bahkan dipercaya mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, zinc, magnesium, dan fosfor. Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 9 Juni 2024, manfaat mengonsumsi biji pepaya bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dalam biji pepaya, terkandung vitamin C yang berperan penting dalam menunjang kesehatan. Salah satunya, berfungsi sebagai antioksidan untuk memperkuat imun tubuh, sehingga bisa terhindar dari risiko infeksi parasit seperti jamur, bakteri, dan virus.

2. Menurunkan Kolesterol
Biji pepaya juga terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan asam oleat (asam lemak tak jenuh tunggal) yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Bahaya Stres dan Perlu Manajemen Stres Agar Mental Tetap Sehat

3. Mencegah Kanker
Pertumbuhan sel kanker sangat berbahaya karena dapat merusak merusak sel-sel di sekitarnya. Namun, ternyata hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi biji pepaya. Kandungan isothiocyanate di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan
Biji pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, dan sejenisnya. Tak hanya itu, di dalam biji pepaya juga terkandung enzim proteolitik yang dapat membunuh bakteri jahat di usus.

5. Menyehatkan Ginjal
Tingginya antioksidan dalam biji pepaya bisa mencegah potensi kerusakan pada organ dan sel-sel tubuh, salah satunya ginjal. Kaliumnya yang tinggi juga membuat biji pepaya mampu menjaga kestabilan tekanan darah, yang kemudian berpengaruh pada kesehatan ginjal.

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah