Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin Memperkuat Aliansi Masing-Masing

- 23 Februari 2023, 19:35 WIB
etegangan global antara negara adidaya
etegangan global antara negara adidaya /

EDITORNEWS.ID - Ketegangan global antara negara adidaya disorot pada hari diplomasi di Warsawa dan Moskow pada hari Rabu, 22 Februari 2023, Biden berjanji bahwa Amerika Serikat "akan membela secara harfiah setiap inci NATO", aliansi militer yang mencakup beberapa negara Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia.

Putin mengatakan pemimpin China Xi Jinping akan mengunjungi Rusia, dengan mengatakan hubungan telah mencapai "perbatasan baru."

Washington khawatir Beijing dapat memberikan dukungan material untuk perang Moskow di Ukraina, yang dimulai pada Februari.24 tahun lalu dan telah menjadi konflik tanah terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Perang telah membuat jutaan orang mengungsi, meninggalkan kota-kota Ukraina, kota-kota dan desa-desa dalam reruntuhan dan mengganggu ekonomi global.

Baca Juga: Rusia, China dan Afrika Selatan Meluncurkan Latihan Militer Bersama Kapal Angkatan Laut di Samudra Hindia

Putin, dalam pidatonya untuk menandai hari libur umum Defender of the Fatherland hari Kamis, mengatakan Rusia akan terus memberikan perhatian yang meningkat untuk meningkatkan kekuatan nuklirnya dan akan memulai pengiriman massal rudal hipersonik yang diluncurkan laut Zirkon.

Rusia akan memulai latihan militer dengan China di Afrika Selatan pada Jumat dan telah mengirim fregat yang dilengkapi dengan rudal hipersonik.

Rusia juga akan terus melengkapi angkatan bersenjatanya dengan peralatan canggih dan meningkatkan produksi senjata konvensional, kata Putin dalam pernyataan yang dikeluarkan Kremlin pada Kamis dini hari.

Pada Rabu, Putin menyambut diplomat top China, Wang Yi, ke Kremlin, dan Wang juga bertemu secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Baca Juga: 3 Kebijakan Ampuh Dapat Mengatasi Masalah Kemasan Plastik di Lingkungan Sekitar

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x