Rusia Tengah Menyiapkan Rudal untuk Bersiaga Menjaga Wilayahnya

- 23 Februari 2023, 18:11 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin ikut serta dalam acara yang menandai peringatan 30 tahun Gazprom.
Presiden Rusia Vladimir Putin ikut serta dalam acara yang menandai peringatan 30 tahun Gazprom. /Tautan video di sebuah kediaman di luar Moskow, Rusia 17 Februari 2023. Sputnik/Mikhail Metzel/Pool /

EDITORNEWS.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia akan tetap meningkatkan perhatian pada kekuatan nuklirnya dalam pidatonya. Dilansir Reuters pidato tersebut untuk memperingati Pembela Tanah Air pada Kamis dan sehari sebelum peringatan satu tahun invasi pertama ke Ukraina.

Komentar Putin itu menyusul penundaan perjanjian pengendalian senjata nuklir bilateral dengan Amerika Serikat.

“Seperti sebelumnya, kami akan meningkatkan perhatian untuk memperkuat triad nuklir," kata Putin, merujuk pada rudal nuklir yang berbasis di darat, laut, dan udara.

Putin mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, rudal balistik antarbenua Sarmat - senjata yang mampu membawa banyak hulu ledak nuklir - akan dikerahkan pada tahun ini.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan Sekitar 7,2 Magnitudo Terjadi Di Tajikistan Dekat Wilayah China

"Kami akan melanjutkan produksi massal sistem hipersonik Kinzhal berbasis udara dan akan memulai pasokan massal rudal hipersonik Zirkon berbasis laut," kata Putin dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin pada Kamis pagi.

Rusia juga akan menggelar latihan militer dengan China di Afrika Selatan pada hari Jumat dan telah mengirim sebuah fregat yang dilengkapi dengan rudal hipersonik.

Menjelang peringatan 24 Februari invasi ke Ukraina, Putin dan Presiden AS Joe Biden terlibat dalam perselisihan verbal, menyoroti ketegangan global antara kedua negara adidaya tersebut.

Putin menunda perjanjian New START (Strategic Arms Reduction Treaty) atau Traktat Pengurangan Senjata Strategis dengan Amerika Serikat pada Selasa, Putin melayangkan tuduhan kepada AS sebab mengubah perang menjadi konflik global dengan mempersenjatai Ukraina.

Baca Juga: NATO Bersumpah untuk Memperkuat Pertahanan Ukraina Ketika Putin Memperkuat Hubungan Dengan China

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x