Fenomena Langka Embun Upas di Bromo, Menarik Kunjungan Para Wisatawan

- 1 Juni 2023, 18:31 WIB
Fenomena embun es di lautan pasir gunung bromo
Fenomena embun es di lautan pasir gunung bromo /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Fenomena embun upas atau dikenal dengan lapisan tipis es di atas permukaan padat muncul di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS),  Jawa Timur, Selasa, 30 Mei 2023.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, mengatakan fenomena embun upas atau frost tersebut dilaporkan terjadi di kawasan Lautan Pasir Bromo.

"Fenomena embun upas terjadi di kawasan Lautan Pasir Bromo. Baru terjadi hari ini, namun bisa terjadi lagi ketika suhu cukup dingin," ucapnya.

Septi menjelaskan fenomena embun upas atau embun es tersebut, merupakan fenomena yang seringkali terjadi khususnya di kawasan Gunung Bromo pada musim kemarau. Fenomena itu, juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel dengan Budget Minimalis di Yogyakarta, Cocok Menjadi Pilihan Kamu

"Ini merupakan fenomena alam yang sering dijumpai di Gunung Bromo saat musim kemarau. Ini hanya dijumpai pada pagi hari, sebelum matahari terbit dengan sempurna," ungkapnya.

Menurutnya fenomena embun upas tersebut hanya dijumpai pada saat pagi hari, atau sebelum matahari terbit dengan sempurna. Fenomena itu, juga menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo.

Ia menambahkan pada saat terjadi fenomena embun upas di kawasan taman nasional tersebut, suhu udara tercatat berkisar antara 5-9 derajat Celsius. Fenomena embun upas tersebut, juga bisa terjadi di kawasan Ranupane dan Ranu Regulo.

Keberadaan embuh upas yang terjadi setiap tahun tersebut, tidak bisa diperkirakan kapan akan terjadi. Munculnya embun upas hanya terjadi pada saat-saat tertentu dan memang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x