Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia, Yuk Cari Tau Geopark Merangin Disini

- 26 Mei 2023, 19:47 WIB
Geopark Merangin
Geopark Merangin /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Geopark Merangin resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan UNESCO di Paris Prancis pada Hari Rabu 24 Mei 2023 lalu.

Terdapat 18 Geopark baru yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark di dunia dan 4 diantaranya adalah Geoprak yang berada di Indonesia yaitu Geopark Ijen, Geopark Maros Pangkep, Geopark Raja Ampat dan Geopark Merangin.

Mari kita berkenalan, kunjungi laman dan media sosial Geopark Merangin pada laman https://geopark.meranginkab.go.id/, Facebook: Geopark Merangin Jambi dan Youtube Geopark Merangin Jambi.

Sementara itu Apa kata Unesco terkait Geopark Merangin?, inilah jawabannya sebagaimana diterjemahkan editornews.id melalui laman www.unesco.org.

Baca Juga: Tempat Jogging Terbaik di Yogyakarta, Nomor 3 Terfavorite loh

Terletak di bagian tengah Pulau Sumatera, Merangin Jambi UNESCO Global Geopark terdiri dari 12 dari 24 kecamatan di Kabupaten Merangin, yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi, Indonesia. Topografi wilayah ini meliputi dataran rendah di sisi timur dan dataran tinggi di sisi barat, dengan puncak tertinggi mencapai ketinggian 2.900 mdpl di Gunung Masurai.

Geologi luar biasa yang ditemukan di Merangin Jambi UNESCO Global Geopark berkontribusi pada pemandangan yang menakjubkan, yang memiliki kepentingan konservasi yang signifikan dan diakui sebagai bagian dari properti Warisan Dunia yang dikenal sebagai Hutan Hujan Tropis Sumatera (tertulis pada tahun 2004).

Kawasan ini dihuni oleh lebih dari 4.000 spesies tumbuhan dan 372 spesies hewan, termasuk beberapa spesies terancam punah seperti harimau sumatera. Bentang alamnya mencakup beragam fitur seperti formasi karst, lembah, dan pegunungan, yang tidak hanya menyediakan habitat bagi berbagai bentuk kehidupan tetapi juga menjadi bukti peradaban manusia dari zaman kuno hingga saat ini.

Salah satu daya tarik geologis utama di geopark adalah endapan fosil flora Permian, yang berusia sekitar 252 hingga 299 juta tahun. Endapan ini berasal dari sisa-sisa Cathaysialand, sebuah mikrokontinen yang terpisah dari Gondwana selama periode Permian dan kemudian terbagi menjadi terranes China Utara dan China Selatan.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x