Motor Listrik Menjamur di Jalanan, Bisnis Aksesoris Jadi Makin Cuan

- 9 Maret 2023, 13:35 WIB
Karpet Motor Listrik, salah satu bisnis aksesoris yang lagi naik daun
Karpet Motor Listrik, salah satu bisnis aksesoris yang lagi naik daun /

EDITORNEWS.ID - Pada kuartal pertama tahun 2023 ini, penikmat kendaraan bertenaga listrik, khususnya pada motor listrik semakin meningkat, meskipun dengan berbagai merek yang belum begitu terkenal di telinga masyarakat.

Anindya Novyan Bakrie (Direktur Bakrie Group), di sela-sela kunjungan beliau ke ajang IIMS 2023 di Jakarta bulan lalu pun juga mengungkapkan hal yang sama terkait meningkatnya minat masyarakat terhadap keberadaan kendaraan bertenaga listrik. Hal ini tentu membuka peluang usaha baru seperti bisnis aksesoris motor listrik.

Sesuai yang dikatakan Anindya, menurutnya ramainya peminat motor listrik, akan sangat menguntungkan bagi pelaku usaha karena mereka dapat membuka sebuah peluang usaha baru di segmen komponen atau aksesori dan aftermarket khusus motor listrik. Misalnya seperti karpet, backrack, aksesoris untuk lampu dan bantalan pada jok motor.

Bahkan, jika dilihat dengan ramainya konsumen dan tingginya minat dari mereka terhadap motor listrik, tentu saja hal ini bisa membuka sebuah peluang usaha baru untuk produk aksesoris sendiri, baik dari dalam ataupun luar negeri.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Mobil Listrik yang Wajib Kamu Tahu Agar Tidak Menyesal Di Kemudian Hari

Memang, untuk penjualan motor listrik di Indonesia masih belum begitu pesa dan jauh dari target pemerintah. Namun demikian, subsidi EV dari pemerintah juga sangat berpotensi menggenjot minat dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan-kendaraan listrik. Oleh karena itu, nantinya jika ada sebuah insentif, seharusnya kurvanya pun akan dapat meningkat dan bisa jauh lebih banyak lagi.

Sebenarnya keberadaan aksesoris motor listrik ada di Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Akan tetapi, pada saat itu pasarnya masih belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Peminatnya pun dulu jauh lebih sedikit. Brand aftermarket untuk motor listrik sendiri sebenarnya sudah banyak yang beredar di pasaran. Sehingga, konsumen yang memiliki motor listrik pun, sudah bisa melakukan modifikasi plug and play di bengkel spesialis motor listrik .

Adanya bisnis aksesoris motor listrik tentu akan menarik para pecinta otomotif. Mereka yang suka memodifikasi motor akan rela mengeluarkan biaya berapapun untuk mempercantik motor mereka. Apalagi jika penjualan motor listrik makin meningkat, bisa saja bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x