Motor Listrik Juga Perlu Perawatan, Ini Dia Caranya

- 3 Maret 2023, 17:37 WIB
Cara Merawat Motor Listrik Supaya Awet
Cara Merawat Motor Listrik Supaya Awet /

EDITORNEWS.ID - Industri otomatif Indonesia semakin beragam dengan hadirnya kendaraan bertenaga listrik, utamanya motor listrik yang dianggap murah dengan pergerakan yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan mobil listrik.

Pilihannya pun sangat beragam karena produsen terus berlomba-lomba menarik minat konsumen dengan penawaran harga terbaik.

Motor listrik saat ini semakin banyak diminati oleh para biker, selain lebih efisien, motor listrik juga lebih ramah lingkungan. Bahkan, perawatan yang dilakukan pada motor listrik pun sangat berbeda dengan motor berbahan bakar bensin (BBM).

Berikut adalah tips merawat motor listrik agar lebih awet, di antaranya :

1. Menghindari Berkendara Pada Saat Banjir

Meskipun motor listrik sudah dirancang agar tahan terhadap air, namun Anda harus menghindari genangan air yang ketinggiannya melebihi soket pengisian daya motor tersebut. Sebab, posisi soket tersebut berada di area dek tengah. Oleh karena itu, agar motor listrik tetap awet, jangan dipaksakan untuk melewati genangan air yang tinggi.

Baca Juga: Angin Segar bagi Pecinta Hyundai Ioniq 5, Masa Inden Jadi 6 Bulan

2. Menghindari Mencuci Motor dengan Kompresor

Pada bagian motor listrik, juga terdapat sebuah kisi-kisi udara yang berada di bagian kolong bodi motor. Pasalnya, jika air masuk ke dalam kisi-kisi maka berpotensi untuk merusak sistem kelistrikan pada motor. Untuk itu, gunakanlah lap pencuci motor, seperti kanebo agar dapat menjaga sistem kelistrikan terhindar dari air.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x