Lagi Trend Banget, Yuk Cari Tahu Jenis-Jenis Mobil Listrik Di Indonesia

- 3 Maret 2023, 14:21 WIB
 Mobil Listrik Wuling Airev, salah satu jenis mobil listrik di Indonesia
Mobil Listrik Wuling Airev, salah satu jenis mobil listrik di Indonesia /

EDITORNEWS.ID - Tren kendaraan listrik memang bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Sederet motor dan mobil listrik pun mulai mewarnai di jalanan kota.

Tahukah Anda bahwa jenis mobil listrik itu bukan hanya satu. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Yang pertama adalah BEV atau juga disebut AEV (All-Electric Vehicle). Mobil jenis ini beroperasi sepenuhnya menggunakan listrik yang ada pada baterai. Jenis mobil ini tidak memiliki mesin pembakaran. Listrik sendiri disimpan pada battery pack. Cara pengisian baterainya dilakukan dengan menghubungkan ke jaringan eksternal.

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Mobil listrik yang kedua ini juga disebabkan paralel hybrid. Mobil jenis ini memiliki dua sistem penggerak, yakni mesin pembakaran (ICE) dan juga motor traksi. Cara kerja mobil ini adalah mesin motor bisa memutar transmisi menggerakkan roda pada saat bersamaan. Kemudian saat pengereman motor dapat berubah menjadi generator serta mengisi baterai.

Baca Juga: Rekomendasi Motor Listrik Terbaik 2023, Berikut Daftarnya untuk Anda

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Mobil listrik yang ketiga adalah PHEV. Mobil listrik yang satu ini mempunyai mesin pembakaran (ICE) serta motor traksi listrik. Jenis mobil tersebut juga bisa ditenagai sumber energi fosil (seperti bensin) atau juga sumber alternatif (seperti biodiesel) dan baterai.

PHEV biasanya bisa beroperasi dalam dua mode yakni all-electric mode di mana hanya listrik pada baterai sebagai energi penggeraknya. Kemudian Hybrid mode dimana listrik dan bensin dipergunakan bersama-sama.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x