Tampil Perdana, Esemka Pamerkan Mobil Listrik Bima EV di IIMS 2023 dan Langsung Raih 2 Penghargaan Sekaligus

- 28 Februari 2023, 21:59 WIB
Mobil Esemka Bima dengan dua varian terbaru
Mobil Esemka Bima dengan dua varian terbaru /


EDITORNEWS.ID - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di JIEXPO kemayoran, Jakarta Selatan baru saja berakhir pada 26 Februari 2023 yang lalu. PT. Solo Manufaktur Kreasi yang merupakan produsen mobil listrik SMK menjadi pusat perhatian para pengunjung saat pameran tersebut berlangsung.

Hal ini dikarenakan untuk pertama kali mobil Esemka tersebut tampil di IIMS 2023. Tak hanya itu saja, merek mobil lokal tersebut ternyata memperkenalkan jenis mobil prototipe SMK Bima EV, dengan menghadirkan varian Cargo Van dan juga Passenger Van.

Menurut keterangan dari Presiden Direktur PT. Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya mengatakan bahwa dalam pengenalan mobil listrik di IIMS tersebut, nantinya diharapkan dapat berkontribusi untuk mempercepat proses peralihan dari mobil konvensional (mesin pembakaran internal/Internal Combustion Engine), menuju mobil Electric Vehicle yang lebih ramah pada lingkungan.

Bahkan, kedua varian mobil tersebut dilengkapi sebuah motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Oleh karena itu, mobil listrik tersebut mampu untuk menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm. Mobil Bima EV juga dilengkapi dengan sebuah baterai listrik yaitu Terany Lithium, yang berkapasitas 49,1 kWh sampai dengan 350,4 V.

Baca Juga: TESLA 'Murah Tapi Tidak Murahan' Rencana Musk untuk Mobil Tesla Murah Adalah Apa yang Diharapkan

Pada daya baterai tersebut dapat diisi dengan sistem pengisian cepat, yaitu quick charge/DC selama kurang lebih 1 jam dan slow charge (AC) sampai 8 jam. Oleh karena itu, baterai tersebut dapat digunakan untuk berkendara sampai jarak tempuh 300 km dalam sekali pengisian daya.

Tak disangka-sangka, Mobil SMK Bima EV pada akhirnya mendapat penghargaan 'best EV commercial car'. Sudah tidak mengherankan lagi sebenarnya, karena mobil yang satu ini memang sudah menyita perhatian pengunjung pameran sejak pembukaan IIMS pada Kamis (16/2) lalu.

Selain itu, Esemka juga mendapatkan penghargaan 'favorite local brand' atau brand lokal terbaik di IIMS 2023.

Eddy Widjaja, selaku Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) mengaku sangat bangga dengan pencapaian tersebut apalagi mengingat ini pertama kalinya Esemka mengikuti pameran otomotif yang berskala besar.

Baca Juga: Permasalahan Elon Musk Membuat Mobil Listrik Harga Terjangkau

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x