Insentif Pembelian Kendaraan Listrik Berlaku Mulai Maret 2023

- 25 Februari 2023, 10:55 WIB
Insentif Kendaraan Listrik Diberikan Mulai Maret 2023
Insentif Kendaraan Listrik Diberikan Mulai Maret 2023 /

EDITORNEWS.ID - Arifin Tasrif, selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa insentif untuk kendaraan listrik mulai diberlakukan oleh pemerintah pada Maret 2023. Pemberian insenti kendaraan listrik tersebut untuk semua jenis baik motor maupun mobil listrik.

Pemerintah merencanakan untuk menargetkan insentif yang diberikan untuk kendaraan listrik dalam konversi sepeda motor mencapai 50.000 unit. Selain itu, besaran insentif yang diberikan untuk sepeda motor sebesar 7 juta per unitnya.

Adapaun pemberian insentif kendaraan listrik ini diproritaskan bagi sepeda motor dalam negeri. Hal ini merupakan bentuk dukungan serta kelangsungan industri otomotif domestik. Arifin Tasrif menyebutkan insentif untuk mobil listrik akan diberikan dalam bentuk pemotongan pajak dan bukan subsidi harga.

Selain insentif untuk sepeda motor, pemberian insentif bagi mobil listrik yaitu berupa potongan pajak sebesar 10 persen. Dengan begitu, calon pembeli kendaraan listrik cukup menanggung pajak sebesar 1 persen. Sekarang ini diketahui besaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kendaraan sebesar 11 persen.

Baca Juga: Tesla Tengah Bersaing untuk Tetap Menjadi Terdepan dalam Pasar

Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, insentif yang sedang dipersiapkan dipercaya akan mampu meningkatkan penjualan motor atau mobil listrik yang ramah lingkungan.

Saat ini masih ada beberapa tantangan yang perlu diselesaikan supaya kendaraan listrik dapat menjadi opsi transportasi yang luas di Indonesia.

Salah satu yang menjadi tantangan utama yaitu tingginya biaya dari EV jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin konvensional dan masih kurangnya insfrastruktur pengisian daya, terutama daerah pedesaan.

Namun demikian, masa depan transportasi di Indonesia sudah mencakup pergeseran menuju kendaraan listrik, sehingga transportasi akan lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan serta adanya upaya untuk mengurangi ketergantungan negara terhadap impor minyak.

Baca Juga: Tantangan Pemerintah dalam Meyakinkan Masyarakat Beralih dari Kendaraan Konvensional

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x