Mobil Produksi Dalam Negeri Tembus Pasar Global dan Australia

- 22 Februari 2023, 22:09 WIB
Ilustrasi ekspor mobil
Ilustrasi ekspor mobil /

EDITORNEWS.ID – Pertama kalinya dalam sejarah Indonesia mengekspor mobil listrik buatan dalam negeri. Ekspor mobil tersebut melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan produknya Toyota Innova Zenix berbasis listrik hybrid.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga hadir dalam pelepasan ekspor pertama tersebut. Kemudian ia menyatakan kendaraan elektrifikasi merupakan target ekspor Toyota Indonesia kedepannya diawali dengan kendaraan hybrid yang diproduksi di dalam negeri.

"Kendaraan elektrifikasi menjadi bagian dari target ekspansi ekspor Toyota Indonesia ke depan dimulai dari ekspor kendaraan hybrid yang diproduksinya secara lokal," ujar Menperin di Karawang, Selasa.

Menperin menyatakan, kendaraan yang memiliki kandungan 70 persen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tersebut akan diekspor ke 27 negara dengan jumlah 2.000 unit pada tahun 2023, termasuk negara Australia.

Baca Juga: Inilah Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

Dengan adanya hal tersebut, menurutnya produk Indonesia tidak kalah dengan produk negara maju, dibuktikan dengan berhasilnya menembus pasar Australia yang terkenal memiliki spesifikasi ketat, seperti spesifikasi bahan bakar, spesifikasi emisi, dan spesifikasi keamanan.

Agus menambahkan, investasi TMMIN dari tahun 2022 mencapai Rp77,9 triliun dengan berkomitmen akan menambah investasi sebesar Rp27,1 triliun hingga tahun 2026.

"Dengan investasi tersebut, kapasitas produksi di PT TMMIN per tahun mencapai 320 ribu unit kendaraan serta 440 ribu unit engine dan part yang diproduksi pada 4 pabrik di Karawang dan Sunter dengan total jumlah tenaga kerja saat ini mencapai 8.003 karyawan," ujar Agus.

PT TMMIN pada tahun 2022 telah berhasil mengekspor CBU mencapai 136.000 unit, apabila digabungkan hingga tahun 2023 total ekspor telah mencapai lebih dari 2 juta unit CBU yang berhasil diekspor ke 100 negara diantaranya di Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan hingga Australia.

Baca Juga: Jadi Bertanya-Tanya, Amankah Berkendara Jarak Jauh Menggunakan Mobil Listrik?

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x