5 Hal Wajib yang Perlu Diperhatikan sebelum Memutuskan Membeli Motor Listrik

- 20 Februari 2023, 21:26 WIB
Motor listrik Yadea G6
Motor listrik Yadea G6 /Pikiran-Rakyat.com/Alza Ahdira/

EDITORNEWS.ID – Saat ini masyarakat mulai tertarik untuk memiliki motor listrik yang memiliki biaya operasional lebih ekonomis. Kepemilikan kendaraan listrik di Indonesia sudah tercatat sebanyak 23.000 pada tahun lalu. Masyarakat mulai tertarik sebab dapat mengurangi emisi karbon dan biaya operasional sangat murah.

Selain itu, harga bahan bakar minyak untuk kendaraan konvensional selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Misalnya, ketika bepergian menggunakan kendaraan listrik dengan jarak tempuh yang sama, harga operasionalnya saja jika dibandingan seperti 1:3 dengan kendaraan konvensional.

Maka tidak heran banyak masyarakat sangat tertarik memiliki kendaraan futuristik ini. ditambah lagi pemerintah akan memberikan subsidi kepada masyarakat yang membeli motor listrik. Pemerintah juga mendukung transformasi kendaraan listrik sebagai bentuk menjaga iklim bumi.

Namun sebelum membeli motor listrik, konsumen harus memperhatikan berbagai pertimbangan. Salah satunya, terbatasnya tempat pengisian daya yang ada di Indonesia dan belum banyak tempat yang menyediakan jasa tukar baterai.

Baca Juga: Minicab, Mobil Baru Mitsubishi Yang Disiapkan Diproduksi di Indonesia

Selain hal tersebut, ada faktor lain yang perlu diperhatikan yang akan dibahas lebih mendalam di bawah ini.

  1. Perhatikan kualitas baterai dan daya rumah

Berdasarkan dari beberapa sumber, daya listrik rumah bagi pemilik motor listrik setidaknya memiliki daya sebesar 900 VA atau 900 Watt. Hal tersebut juga senada dengan PT WIKA Industri Manufaktur. Menurutnya, daya listrik rumah setidaknya sebesar 900 Watt agar mampu mengakomodasi pengecesan motor listrik.

Selain daya listrik rumah, yang tidak kalah penting yakni kualitas baterai motor listrik. Perhatikan kapasitas baterai, waktu yang dibutuhkan untuk mengecas, dan perawatannya. Pasalnya baterai adalah komponen termahal yang ada di motor listrik.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan dengan kebutuhan pribadi anda sebelum membeli motor listrik, karena motor listrik memiliki beragam jenis. Selain itu, sesuaikan dengan fungsi penggunaannya, seperti digunakan bepergian dalam jarak dekat, maka motor listrik sesuai dengan anda.

Berbeda halnya jika digunakan bepergian dalam jarak jauh, karena jarak tempuhnya dibatasi dengan kapasitas yang dimilikinya. Selain itu, masih minimnya persebaran tempat pengisian daya baterai di Indonesia.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x