Cara Menggunakan Dan Merawat Motor Listrik Dengan Benar, Dijamin Awet

- 18 Februari 2023, 09:44 WIB
Tips, Merawat Motor Listrik
Tips, Merawat Motor Listrik /

EDITORNEWS.ID - Saat ini pengguna motor listrik semakin banyak di Indonesia. Pemilihan motor listrik sendiri bukan tanpa alasan. Motor listrik dipilih karena dinilai memiliki banyak kelebihan. Diantaranya lebih hemat dan harganya cukup murah. Namun, banyak masyarakat yang masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakan motor listrik dan cara merawat motor listrik.

Salah satu channel YouTube MOTOR Plus membagikan tips bagaimana cara menggunakan dan merawat motor listrik dengan benar. Saat itu yang menjadi narasumber adalah pihak bengkel di salah satu showroon motor listrik. Pertanyaan yang diajukan seputar dampak jika motor listrik terkena air.

"Jadi selama air tidak menyentuh bagian atas dari sini, itu masih aman karena kita sudah test drive secara aktual baik dalam kondisi ujan maupun genangan air, tidak ada masalah. Amannya motor harus terjaga dari air dan tidak tersentuh area penyimpanan baterai di bawah," jawabnya.

Terkait dengan mencuci motor listrik sendiri, Azis menjawan bahwa motor listrik bisa dicuci seperti mencuci layaknya mencuci motor biasa. Baik itu mencuci di rumah atau bahkan cuci steam bisa dilakukan seperti baisa dan tidak ada masalah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Listrik mulai 200 Jutaan di Indonesia

Untuk pengisian baterainya sendiri, Azis mengatakan pengisian baterai motor listrik sama seperti mengecas HP. Anda hanya perlu mencolokkan charger ke saklar rumah dan motornya. Sementara, untuk perawatan baterainya sendiri, dia mengatakan baterainya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, pastikan untuk mengecas motor listrik tidak dalam keadaan baterainya habis total.

"Jadi kalau udah dipake motornya, bisa langsung dicas. Jangan nunggu sampai habis. Kita tidak rekomendasi mengecas moto dan keadaan habis karena akan mengganggu kesehatan dari baterainya" ucap Azis.

Azis mengatakan jika motor listriknya jarang dipakai, pastikan baterai motornya masih tersisa untuk kita tinggal. Jika baterai tersisa sendikit alangkah baiknya dicas agar tidak mudah drop. Untuk perawatan selama pemakaian sendiri, motor listrik ini bisa di service.

Perawatan motor listrik sendiri lebih mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja pengguna motor listrik harus memperhatikan penggunaan baterai dari motor listrik.

Baca Juga: Berbeda Dengan Merawat Mobil Biasa, Begini Tips Merawat Mobil Listrik

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x