Berbeda Dengan Merawat Mobil Biasa, Begini Tips Merawat Mobil Listrik

- 17 Februari 2023, 20:05 WIB
Mobil Listrik
Mobil Listrik /

EDITORNEWS.ID - Dewasa ini penggunaan mobil listrik semakin marak. Mobil listrik sendiri dinilai lebih murah dan hemat. Untuk itu, banyak masyarakat yang kini beralih menggunakan mobil listrik. Namun, masih banyak orang yang awam dalam merawatnya.

Tips Merawat Mobil Listrik

1. Perhatikan kondisi baterai

Baterai menjadi komponen yang paling penting dalam mobil listrik. Biasanya umur pakai baterai untuk mobil listrik mencapai 15 tahun tergantung pemakaian. Meskipun tidak memerlukan perawatan berarti, kondisi baterai akan menurun seiring pemakaian. Untuk itu, pastikan Anda mengisi baterai mobil listrik sebelum benar-benar habis dan cabut charger setelah baterai penuh.

2. Pantau keausan mobil listrik

Sistem pengereman pada mobil listrik memiliki fungsi lebih dibandingkan mobil biasa. Pada mobil listrik, sistem pengereman bekerja bukan hanya untuk memperlambat kendaraan, tetapi juga berfungsi untuk mengubah energi gerak mobil menjadi energi listrik untuk menambah daya baterai.

3. Perhatikan rotasi dan ganti ban

Layaknya semua kendaraan yang ada maka fungsi ban juga perlu diperhatikan. Tidak ada perawatan yang berbeda antara ban di mobil listrik maupun mobil biasa. Lakukan rotasi menurut petunjuk manual. Selain itu, gantilah ban mobil bila tapak ban sudah habis.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Pelumas Kendaraan Bermotor, Sesuaikan dengan Kegunaannya

4. Tambah dan ganti cairan

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x