Jadi Bertanya-Tanya, Amankah Berkendara Jarak Jauh Menggunakan Mobil Listrik?

- 22 Februari 2023, 15:02 WIB
Simulasi berkendara menggunakan mobil listrik. Aman dan nyaman dengan memperhatikan hal-hal yg penting dalam persiapannya.
Simulasi berkendara menggunakan mobil listrik. Aman dan nyaman dengan memperhatikan hal-hal yg penting dalam persiapannya. /

EDITORNEWS.ID - Berkendara menggunakan mobil listrik sekarang menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan dalam bepergian jarak jauh. Selain ramah lingkungan mobil listrik pun lebih hemat dibandingkan mobil konvensional pada umumnya.

Namun, apakah berkendara menggunakan mobil listrik bisa terbilang aman untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Jawabannya adalah aman. Meski aman, pengguna mobil listrik harus memperhatikan beberapa hal agar perjalanan yang ditempuh bisa lancar dan tidak terkendala.

Mobil listrik memiliki banyak jenis. Jadi sebelum kamu melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik. Pastikan mobil yang digunakan sudah memiliki kapasitas untuk menempuh perjalanan jauh.

Pastikan juga keadaan pengendara dan penumpang tidak sedang sakit agar perjalanan kondusif. Lalu pastikan kondisi dari mobil, cek bagian baterai mesin pada mobil. Bawalah baterai cadangan jika nantinya ada kendala pada baterai.

Baca Juga: Mobil Listrik DFSK yang Sudah Diproduksi Lokal Bakal Saingi SMK Bima EV

Coba periksalah jarak tempuh dan hitung berapa daya yang diperlukan. Ini berhubungan dengan pemakaian daya baterai. Cek juga titik SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) pada rute perjalanan yang kamu lalui.

Melihat rute perjalanan adalah hal yang penting dilakukan. Dengan mengetahui rute perjalanan kamu bisa memanajemen rute dengan daya baterai yang kamu butuhkan diperjalanan. Jadi kendala kehabisan baterai di jalan minim kamu alami.

Selain itu, perangkat hp janganlah sampai mati. Usahakan selalu terhubung ke jaringan internet karena ini memudahkan kamu dalam mengecek status daya pada mobil melalui aplikasi. Dan jika nantinya ada kendala, kamu bisa langsung menghubungi servis center.

Yang terakhir siapkan emergency tools. Emergency tools ini berisi peralatan mesin ringan, ban serep dan dongkrak jika sewaktu-waktu ban bocor bisa kamu tambal. Cairan penambal ban serta obat-obatan.

Baca Juga: Inilah Sederet Dampak Negatif Kendaraan Listrik Yang Belum Banyak Diketahui

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x