Perkiraan Usia Pakai Baterai Motor Listrik, Pembeli Wajib Tahu

- 20 Februari 2023, 22:26 WIB
Baterai motor listrik bermerek SWAP, tangkapan layar
Baterai motor listrik bermerek SWAP, tangkapan layar /

EDITORNEWS.ID – Pada saat ini pemerintah mengupayakan peralihan kendaraan konvensional ke dalam kendaraan bertenaga listrik. Hal tersebut bertujuan agar Indonesia bisa menargetkan misinya sebagai negara Net Zero Emission atau nol emisi karbon.

Perkiraan Indonesia mencapai target tersebut pada tahun 2060. Namun pemerintah juga mengungkapkan target tersebut bisa lebih dipercepat sesuai dengan Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019.

Selain itu, penggunaan kendaraan bertenaga listrik dinilai lebih efisien dan ekonomis. Karena setiap tahunnya harga bahan bakar minyak melonjak naik dan baterai dapat diisi ulang.

Baterai adalah komponen terpenting bagi kendaraan listrik. Untuk harga baterai sendiri terbilang relatif mahal bahkan mencapai hampir setengah dari harga motornya.

Baca Juga: 5 Hal Wajib yang Perlu Diperhatikan sebelum Memutuskan Membeli Motor Listrik

Sehingga hal tersebut juga menjadi pertimbangan bagi masyarakat yang menginginkan membeli kendaraan bertenaga listrik. Selain itu, para pembeli juga akan menanyakan usia baterai yang dapat dipakai dalam motor listrik.

Untuk menjawab hal tersebut, dikutip dari YouTube dengan nama akun Plate Z, Awan Setiawan selaku manager E-motor PT Terang Dunia Nusantara memberikan  jawabannya. ia menjelaskan perkiraan rata-rata usia pakai baterai sekitar 3-5 tahun.

"Bila dilihat dari waktunya, usia pakai baterai motor listrik itu biasanya 3-5 tahun pemakaian," Ujar Awan Setiawan.

Namun perkiraan usia pakai tersebut masih perkiraan secara matematis saja. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi usia baterai motor listrik.

Baca Juga: Minicab, Mobil Baru Mitsubishi Yang Disiapkan Diproduksi di Indonesia

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x