Kim Jong Un Berjanji untuk Mengembangkan Kerja Sama dengan China ke Tingkat Lebih Tinggi

- 29 Juli 2023, 19:53 WIB
Pertemuan Kim Jong Un dengan Delegasi China
Pertemuan Kim Jong Un dengan Delegasi China /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan delegasi China yang mengunjungi Pyongyang untuk merayakan peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea.

Dalam moment tersebut ia menyatakan berjanji untuk mengembangkan hubungan kerja sama antara kedua negara ke tingkat lebih serius.

Kim menjadi tuan rumah resepsi untuk pejabat China yang dipimpin oleh anggota Politbiro Partai Komunis Li Hongzhong pada hari Jumat 28 Juli 2023 kata kantor berita Korea Utara KCNA.

Delegasi China adalah yang pertama mengunjungi negara tertutup itu sejak pandemi COVID-19.

Baca Juga: Ini Sosok Laksamana Lisa Franchetti, Perempuan Pertama AS yang Jadi Tentara AL

"Ditegaskan kembali dalam pembicaraan itu sikap para pihak dan pemerintah kedua negara untuk mengatasi situasi internasional yang rumit atas inisiatif mereka sendiri dan terus mengembangkan persahabatan dan kerja sama yang bersahabat ke tingkat tinggi yang baru," kata sumber berita Korea Utara, melansir dari Reuters.

Pertemuan itu terjadi setelah pejabat China dan Rusia berdiri bersama Kim untuk memberi dukungan, pada hari Kamis 27 Juli 2023 ketika mereka meninjau misi berkemampuan nuklir terbarunya dan menyerang pesawat tak berawak di parade militer di ibu kota Pyongyang.

Rusia dan China telah menentang upaya yang dipimpin AS untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Korea Utara atas pengejaran rudal balistiknya dalam beberapa tahun terakhir, menyalahkan latihan AS di wilayah tersebut karena meningkatkan ketegangan.

Angkatan Laut AS dan Korea Selatan mengadakan latihan anti-kapal selam bersama di perairan Pulau Jeju di Korea Selatan pada hari Sabtu, yang terbaru dari serangkaian latihan militer oleh sekutu sebagai tanggapan atas apa yang mereka sebut provokasi Korea Utara.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x