Warga Malaysia Berbondong-Bondong Panic Buying Air Mineral di Supermarket, Kok Bisa?

- 21 Mei 2023, 16:31 WIB
Ilustrasi Air Mineral
Ilustrasi Air Mineral /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Warga Malaysia melakukan panic buying atau berebut membeli air mineral kemasan di pusat-pusat perbelanjaan seperti supermarket.  

Hal ini diketahui karena curah hujan yang menurun dan bendungan yang mulai mengering. Kondisi ini semakin diperparah dengan munculnya gangguan pada sistem aliran air di Sungai Muda. 

Melansir dari The Stars, tanpa adanya aliran air dari Sungai Muda, beberapa bendungan di wilayah Malaysia tidak akan mampu memenuhi kapasitasnya hingga 100 persen. 

Berkurangnya pasokan air bersih di Malaysia bahkan membuat beberapa penjual makanan memutuskan untuk menutup dagangannya lantaran tidak dapat menyiapkan bahan makanan tanpa air bersih. 

Baca Juga: China Ungkapkan Rencana Ambisius Majukan Pembangunan di Asia Tengah

Dalam video yang diunggah akun Twitter @txtdarionlshop, ramai warga Malaysia yang membeli air mineral dari sebuah toko swalayan. Bahkan rak khusus air mineral itu tampak kosong dan hanya menyisakan beberapa stok.

"Gess udah tau belom kalo di malay lagi pada panic buying air mineral??" tulis akun tersebut, dikutip Minggu (21/5).

alasan terjadinya panic buying di Malaysia ini muncul karena bendungan terbesar di sana hanya bisa menyediakan air untuk empat bulan ke depan.

Setelah alarm peringatan bendungan Sungai Muda menyala, warga Malaysia langsung menyerbu supermarket untuk membeli air mineral hingga akhirnya mengalami panic buying.

Baca Juga: Indonesia dan Vietnam Sepakat Jalin Kerjasama Awasi Ruang Digital

Selain itu, para pedagang di sana pun memutuskan untuk tutup toko karena tak mampu menyediakan makanan tanpa air minum.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Air Putih Lim Guan Eng meminta agar Penang Water Supply Corporation (PBAPP) dapat memperbaiki manajemen krisisnya untuk mencegah kembali terjadinya pemadaman air secara mendadak yang memengaruhi kegiatan ratusan ribu konsumen. ***

 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x