Wow! China Tengah Merakit Radar Kapal Perang Paling Kuat di Muka Bumi

- 7 Juni 2023, 08:11 WIB
Militer China
Militer China /editornews.id/

EDITORNEWS.ID  - Peneliti China mengatakan sebuah kapal militer yang dilengkapi dengan radar baru dapat mendeteksi rudal dari jarak ribuan kilometer.

Mengutip dari SCMP, Peneliti China mengatakan sebuah kapal militer yang dilengkapi dengan radar baru dapat mendeteksi rudal dari jarak ribuan kilometer.

Selain itu, ilmuwan China juga telah mengungkapkan bahwa pembangunan sistem radar telah dimulai yang dapat mengubah keseimbangan kekuatan angkatan laut di lautan dunia dengan kemampuannya untuk mendeteksi rudal yang masuk dari jarak ribuan kilometer.

Sebuah kapal militer China yang dilengkapi dengan radar akan dapat mendeteksi rudal balistik dari jarak hingga 4.500 km (2.800 mil),  kira-kira jarak dari China selatan ke Australia utara, menurut para ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Baca Juga: Tragis! Tabrakan Maut Kereta di India Tewaskan 288 Orang dan 850 Orang Alami Luka-Luka

“Radar juga dapat melacak beberapa target dalam jarak 3.500 km,”kata para peneliti, dalam makalah peer-review yang diterbitkan pada 31 Mei oleh jurnal berbahasa China Electric Machines and Control.

Tim ilmuwan dan insinyur, yang dipimpin oleh profesor Sun Donyang dari Universitas Sains dan Teknologi Harbin, mengatakan bahwa radar tersebut cocok untuk dipasang di kapal perang China yang baru, dengan sistem pertama sudah dalam konstruksi.

Sementara garis pandang dapat dipengaruhi oleh kurva Bumi, peningkatan kemampuan pencarian dan pelacakan yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat memberikan keuntungan besar bagi Angkatan Laut PLA, kata para peneliti.

Radar di sebagian besar kapal militer memiliki jangkauan kerja beberapa ratus kilometer, dibatasi oleh kekuatan besar yang dibutuhkan untuk memperluas kemampuannya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x