Menang di Pilpres Putaran Kedua, Erdogan Proklamirkan Kemenangan Besar Turki

- 29 Mei 2023, 12:53 WIB
Erdogan dan Istri
Erdogan dan Istri /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Presiden petahana Turki, Recep Tayyip Erdogan memproklamasikan kemenangan besar atas pemilihan presiden (pilpres) di Turki.

Erdogan memproklamirkan kemenangannya setelah secara tentatif disebut sebagai pemenang pilpres Turki dalam putaran kedua, pada Minggu 28 Mei 2023.

"Selamat atas kemenangan besar Turki. Biarkan abad Turki dimulai!," kata Erdogan, seperti dilansir dari Twitter @RTErdogan.

Kepala otoritas pemilihan tertinggi Turki, Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener mengatakan bahwa 99,43 persen surat suara telah dihitung. Melansir TASS, hasil dari perhitungan surat suara tersebut menyatakan Tayyip Erdogan mendapat 52,14 persen, dan Kemal Kilicdaroglu 47,86 persen, hingga Minggu malam, 28 Mei 2023 .

Baca Juga: Benarkah Kim Jong Un Mungkin Tidak Memiliki Anak Laki-laki, Simak Informasinya

“809.000 suara yang belum diproses oleh sistem tidak akan mempengaruhi hasil, sekalipun semuanya diajukan untuk satu pasangan calon,” ujarnya.

Sementara itu, ribuan pendukung Erdogan yang memenangkan pilpres putaran kedua berkumpul di luar Kompleks Kepresidenan di daerah Bestepe Ankara.

Kerumunan pendukungnya sedang menunggu Erdogan untuk menyampaikan pidato ketika dia tiba di Ankara dari Istanbul.

Orang terus berbondong-bondong datang ke daerah tersebut, dan banyak dari mereka yang bepergian dengan mobil harus menunggu dalam kemacetan lalu lintas yang parah, dengan harapan bisa sampai ke daerah tersebut tepat waktu.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x