China Ungkapkan Rencana Ambisius Majukan Pembangunan di Asia Tengah

- 19 Mei 2023, 15:50 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping berbicara di meja bundar selama KTT Tiongkok-Asia Tengah di Xi’an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok, 19 Mei 2023. Mark Cristino/Pool via Reuters.
Presiden Tiongkok Xi Jinping berbicara di meja bundar selama KTT Tiongkok-Asia Tengah di Xi’an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok, 19 Mei 2023. Mark Cristino/Pool via Reuters. /

EDITORNEWS.ID – Presiden China Xi Jinping mengungkapkan sebuah rencana ambisius yakni untuk memajukan pembangunan di negara-negara Asia Tengah. Rencana tersebut meliputi pembangunan jaringan infrastruktur hingga peningkatan perdagangan.

China menyatakan bahwa mereka siap menyinergikan strategi pembangunan dengan lima negara Asia Tengah, yakni Tajikistan,Turkemenistan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan, Serta siap melakukan upaya bersama dalam meningkatkan modernisasi di enam negara, termasuk China sendiri, demikian disampaikan Xi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-Asia Tengah di Xian.

Pada saat yang sama China juga menyatakan akan berusaha mengatasi "campur tangan pihak luar".

“Dunia memerlukan Asia Tengah yang stabil, makmur, harmonis dan terkoneksi,” kata Xi.

Baca Juga: Indonesia dan Vietnam Sepakat Jalin Kerjasama Awasi Ruang Digital

Sementara itu, keenam negara tersebut menyatakan sepakat untuk menentang “campur tangan luar” dalam hubungan regional dan berusaha meningkatkan “revolusi warna” serta mempertahankan sikap nol-toleransi terhadap aksi teroris, separatis dan ekstremis.

“China siap membantu negara-negara Asia Tengah meningkatkan penegakan hukum mereka, keamanan dan pembangunan kapabilitas pertahanan," kata Xi.

Pertemuan KTT di Xian, yang merupakan kota Jalur Emas yang bersejarah tersebut digambarkan sebagai kemenangan diplomasi China pada tingkat Regional oleh media China.

Hal itu karena pemimpin dari lima negara Asia Tengah tersebut telah berjanji menyatakan dukungannya kepada Beijing dan berjanji akan meningkatkan kerjasama bilateral.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x