Korea Utara Mengatakan Setiap Upaya Amerika untuk Mengganggu Dianggap sebagai Deklarasi Perang

- 7 Maret 2023, 21:12 WIB
Peringatan itu datang beberapa jam setelah Washington dan Seoul melakukan putaran latihan udara
Peringatan itu datang beberapa jam setelah Washington dan Seoul melakukan putaran latihan udara /

EDITORNEWS.ID -  Korea Utara telah bersumpah untuk menanggapi dengan kekuatan besar jika militer AS berusaha mencegat rudal yang ditembakkan selama peluncuran uji coba. Pada Selasa, 7 Maret 2023.

Peringatan itu datang beberapa jam setelah Washington dan Seoul melakukan putaran latihan udara terbaru mereka  yang melibatkan setidaknya satu armada pembom berkemampuan nuklir.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan seorang tokoh senior di Partai Buruh yang berkuasa menanggapi laporan pers baru-baru ini yang mengutip dari seorang pejabat tinggi militer AS  yang mengatakan Pentagon akan segera mencegat setiap rudal jarak jauh yang ditembakkan ke Pasifik.

"Jika respons militer seperti intersepsi mengikuti uji coba senjata strategis kami yang dilakukan tanpa membahayakan keselamatan negara-negara tetangga di laut lepas dan wilayah udara yang tidak berada di bawah yurisdiksi Amerika Serikat."

Baca Juga: China Peringatkan Dalam Konflik Ukraina Agar Mengutamakan Ketenangan, Kewarasan dan Dialog

"Ini tidak diragukan lagi dan akan dianggap sebagai deklarasi perang yang jelas," katanya dalam komentar yang dibawa oleh Korean Central News Agency (KCNA) yang dikelola pemerintah.

Dia menambahkan bahwa Korea Utara akan mengawasi dengan cermat semua gerakan militer AS dan tentara Korea Selatan dan menyatakan Pyongyang siap untuk menanggapi dengan "tindakan yang tegas, cepat, dan bisa kapan saja."

Teguran itu datang setelah latihan udara bersama yang dilakukan oleh AS dan Korea Selatan pada hari Senin, di mana setidaknya satu armada pembom strategis B-52H berkemampuan nuklir terbang bersama pesawat tempur Korea Selatan sebagai unjuk kekuatan melawan DPRK.

Latihan serupa juga diluncurkan Jumat lalu, termasuk pembom B-1B AS, sementara latihan lain akan diadakan minggu depan untuk mensimulasikan tanggapan terhadap serangan rudal Korea Utara.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x