China Peringatkan Dalam Konflik Ukraina Agar Mengutamakan Ketenangan, Kewarasan dan Dialog

- 7 Maret 2023, 20:54 WIB
Rusia dan Ukraina telah mencapai 'titik kritis,'
Rusia dan Ukraina telah mencapai 'titik kritis,' /

EDITORNEWS.ID -  Konflik di Ukraina akan berputar kendali jika proses perdamaian tidak segera dimulai, kata Menteri Luar Negeri China Qin Gang. Pada Selasa, 7 Maret 223,

Pertempuran antara Rusia dan Ukraina telah mencapai "titik kritis," kata Qin selama konferensi pers tahunannya di Beijing pada hari Selasa.

Ia melanjutkan bahwa "akan ada penghentian permusuhan, pemulihan perdamaian dan langkah menuju penyelesaian politik atau krisis akan meluas dan situasi akan lepas kendali," ucapnya.

Diplomat itu menunjukkan bahwa sekarang adalah waktu untuk "ketenangan, kewarasan, dan dialog," dan upaya tersebut "harus dimulai sesegera mungkin."

"Masalah keamanan yang sah dari semua pihak harus dihormati" selama negosiasi karena ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dan stabilitas jangka panjang di Eropa, katanya.

Baca Juga: Pemimpin Iran Tanggapi Kasus Keracunan yang Dicurigai Telah Mempengaruhi Ratusan Anak Muda Iran

Qin juga menyatakan penyesalannya bahwa upaya sebelumnya untuk meluncurkan proses perdamaian untuk mengakhiri konflik telah "berulang kali dirusak."

"Ada 'tangan tak terlihat' yang mendorong konflik menuju eskalasi dan mencoba menggunakan krisis Ukraina untuk melayani agenda geopolitik tertentu," katanya.

Moskow telah berulang kali mengatakan konflik di Ukraina adalah "perang proksi" yang dilancarkan terhadap Rusia oleh AS dan sekutu NATO-nya yang memberi Kiev senjata, dana, dan intelijen.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x