FBI Menangkap Pria yang Dijuluki 'Sedition Panda,' Diduga Menyerbu Capitol dengan Mengenakan Kepala Panda

- 28 Februari 2023, 22:29 WIB
FBI telah menangkap seorang pendukung Donald Trump
FBI telah menangkap seorang pendukung Donald Trump /

EDITORNEWS.ID - FBI telah menangkap seorang pendukung Donald Trump yang diduga pernah menyerbu Capitol AS pada 6 Januari 2021 dengan mengenakan kepala kostum panda.

Jesse James Rumson ditangkap hari Senin, 27 Februari 2023, di Florida, menurut catatan pengadilan dan didakwa dengan beberapa pelanggaran, termasuk menyerang, melawan atau menghalangi petugas dan terlibat dalam kekerasan fisik di gedung atau halaman yang dibatasi.

Video dari 6 Januari menunjukkan bahwa seorang pria yang mengenakan kepala panda memasuki Capitol melalui tangga darurat beberapa detik setelah dibobol oleh anggota massa dan dengan cepat berjalan menuju petugas polisi yang berusaha menahan para perusuh.

Sleuth online yang telah membantu mengidentifikasi ratusan perusuh Capitol menjuluki orang itu "Sedition Panda" dan telah memunculkan foto-fotonya.

Baca Juga: Inggris dan UE Telah Menandatangani Kesepakatan Tentang Masalah Pasca-Brexit Mengenai Irlandia Utara

FBI mengidentifikasi Rumson sebagai pria di kepala panda karena dia memakainya terus menerus selama penyerbuan Capitol dan dia tertangkap di video dan dalam foto dengan wajahnya dalam tampilan penuh, kata seorang agen khusus FBI dalam sebuah surat pernyataan yang mendukung penangkapannya.

Rumson diduga berada di dalam gedung selama kurang dari 15 menit, menurut surat pernyataan itu.

Setelah dia meninggalkan gedung, dia terlihat di video mendorong perusuh untuk mendobrak pintu lain, berteriak, "Dapatkan seekor domba jantan!" Dia kemudian menyerang seorang petugas polisi, meraih pelindung wajah petugas itu, demikian tuduhan surat pernyataan FBI.

Setidaknya 985 orang telah ditangkap sehubungan dengan kerusuhan 6 Januari, menurut informasi yang dirilis bulan ini oleh Kantor Kejaksaan AS untuk Washington, DC.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x