Para Pecinta Kucing Harus Selalu Memeriksa Kesehatan Kucingnya dalam Musim Pancaroba

- 22 Februari 2023, 21:27 WIB
Kedua kucing sedang tertidur di atas selimut.
Kedua kucing sedang tertidur di atas selimut. /

EDITORNEWS.ID – Para pecinta kucing harus selalu rutin mengecek kesehatan peliharaannya. Karena kucing adalah hewan ketika terserang penyakit, mereka dapat menyembunyikannya seolah-olah keadaannya baik-baik saja.

Maka kita sebagai pemelihara kucing tidak sadar kalau peliharaan kita terjangkit penyakit. Apalagi saat ini memasuki musim pancaroba yang membuat kucing rentan terkena penyakit.

Seperti halnya manusia rentan terserang penyakit pancaroba, seperti flu, diare bahkan muntaber. Ternyata kucing juga rentan terkena penyakit pancaroba tersebut. Menurut dokter hewan drh. Trima Naimah dikutip dari kantor berita Antara, ia menjelaskan kucing juga rentan terkena penyakit pancaroba seperti manusia.

"Sama seperti kita ya, kucing juga rentan terkena penyakit. Biasanya saat musim pancaroba ini, penyakit yang sering muncul adalah flu, diare, penyakit kulit dan rambut atau yang paling parah bisa terkena Panleuokopenia atau muntaber," ujarnya.

Baca Juga: 5 Cafe di Bandung yang Cocok untuk Work From Cafe, Bikin Betah Berlama-Lama Kerja

Terlebih lagi apabila kucing kesayangan kita sudah berusia dewasa atau tua, lebih disarankan mengecek kesehatannya secara rutin. Biasanya rutin hanya dua tahun sekali dalam mengecek kesehatan, berbeda halnya dengan kucing yang sudah berumur tua.

Selain itu, ada beberapa penyakit kucing yang dapat menular manusia. Banyak diantara mereka yang sudah tertular penyakit tersebut, mereka mengeluhkan penyembuhannya sulit, proses penyembuhannya lama, dan dapat menimbulkan bekas  setelah pengobatan.

Beberapa penyakit kucing yang dapat menular manusia seperti, ringwom adalah penyakit kulit yang disebabkan bakteri jamur dan dapat menular ketika menyentuhnya. Banyak diantara mereka ketika terkena penyakit tersebut merasa gatalnya sangat menggangu dan ketika sudah disembuhkan ada yang membekas.

Selain itu, ketika kucing terkena penyakit muntaber maka pisahkan dengan kucing lain. Sebab penyakit tersebut tergolong berbahaya bagi kucing dan dapat menular kucing disekitarnya.

Baca Juga: Wow Banget, di Wonogiri Uang 10.000 Cukup Buat Makan 3 Kali Sehari

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x