Cek Fakta: Penyakit Kolesterol Dapat Disembuhkan dengan Pijatan, Begini Penjelasannya!

- 16 Februari 2023, 22:22 WIB
Seseorang sedan memijat pasiennya pada bagian kaki,
Seseorang sedan memijat pasiennya pada bagian kaki, /

EDITORNEWS.ID - Sebuah unggahan video yang beredar di media sosial Facebook, dapat menggemparkan netizen. Pasalnya tersebut menampilkan seseorang sedang memijat-mijat telapak kaki disertai keterangan "Kolesterol Sembuh!!".

Dalam unggahan tersebut juga menampilkan alat yang digunakan memijat yakni batu. Batu tersebut digunakan untuk menekan pada bagian tertentu (titik saraf) telapak kaki yang terhubung dengan organ dalam tubuh.

Video tersebut juga mengklaim kolesterol dapat sembuh dengan memijat saraf kaki yang terhubung dengan pankreas dan usus 12 jari selama tiga menit. 

Selanjutnya dalam video tersebut juga menjelaskan, seseorang perlu menekan saraf kaki yang terhubung dengan otak besar selama dua menit dan otak kecil selama dua menit, begitupun seterusnya.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Sakit Maag

Unggahan video tersebut telah disukai sebanyak 8.800 akun dan dikomentari 154 akun juga telah dibagikan 5.700 akun. Timbul pertanyaan, Apakah benar memijat titik saraf pada telapak kaki dapat menyembuhkan kolesterol? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Dekan fakultas kedokteran universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam menyatakan bahwa metode pengobatan dengan memijat titik saraf pada bagian telapak kaki untuk menyembuhkan kolesterol tidak dikenal dalam dunia kedokteran.

"Kita tahu, memang ada terapi alternatif seperti refleksi pada kaki. Tapi sekali lagi, hanya untuk relaksasi. Kalau bicara penyakit, kadar kolesterol atau asam urat akan turun (dengan pemijatan) maka tidak tepat," kata Ari.

Ari menjelaskan pijat dapat digunakan untuk mengurangi stres dan merilekskan tubuh saat kelelahan. Namun, pijat tidak dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti kolesterol.

Baca Juga: Karir Semakin Menanjak, Melissa Siska Juminto Ditunjuk Jadi Bos Baru di Tokopedia

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x