Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Sakit Maag

- 14 Februari 2023, 15:21 WIB
Berbagai jenis buah sehat dan menyegarkan.
Berbagai jenis buah sehat dan menyegarkan. /

EDITORNEWS.ID – Bagi orang yang menderita penyakit asam lambung ketika asam lambungnya naik, akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat bahkan hingga tak sadarkan diri. Rasa nyeri dan tidak nyaman akibat asam lambung dapat diatasi dengan mengatur pola makan yang sehat.

Dikutip dari kantor berita Antara, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Finasim menyatakan bahwa, penderita maag ketika naiknya asam lambung bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat bahkan hingga tak sadarkan diri.

“Apakah orang sakit maag itu ketika mengalami serangan sampai bisa sedemikian sakitnya dan tidak sadarkan diri? Jawabannya bisa,” Kata Ari dalam unggahan akun instagramnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kondisi peningkatan asam lambung akan semakin parah apabila mengalami stres ,kelelahan, dan lambung dalam keadaan kosong.

Baca Juga: Karir Semakin Menanjak, Melissa Siska Juminto Ditunjuk Jadi Bos Baru di Tokopedia

Untuk mencegah asam lambung yang kambuh selain mengonsumsi obat adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang bersahabat bagi lambung, menghindari makanan yang dapat memicu gejala, dan menerapkan kebiasaan makan yang benar.

Makanan umum yang harus dihindari para penderita penyakit maag yakni makanan yang memiliki cita rasa asam, makanan cepat saji atau tinggi lemak, makanan pedas, dan minuman berkarbonasi. Jenis makanan tersebut diklaim mampu mengakibatkan naiknya asam lambung, terlebih lagi makanan pedas.

Sementara makanan yang diklaim aman dikonsumsi bagi penderita adalah makanan yang mengandung serat tinggi, makanan alkali, dan makanan berarir. Jenis makanan berserat tinggi dapat ditemukan pada wortel, kacang hijau, brokoli, dan beras merah.

Berikut rangkuman makanan yang mampu mengatasi masalah naiknya asam lambung.

  1. Jahe

Jahe adalah jenis tanaman rempah yang memiliki fungsi menghangatkan tubuh, namun tanaman tersebut juga dapat mengurangi risiko gejala asam lambung.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x