5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Malam Agar Badan Fit

- 23 Agustus 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi, berikut ini telah dirangkum cara meningkatkan kualitas tidur di malam hari.
Ilustrasi, berikut ini telah dirangkum cara meningkatkan kualitas tidur di malam hari. /

EDITORNEWS.ID - Setiap orang membutuhkan tidur nyenyak dan berkualitas baik di malam hari. Ini akan membuat tubuh menjadi bugar dan fit saat bangun di pagi hari. Dengan begitu tubuh siap untuk melakukan aktivitas lebih produktif.

Sayangnya, beberapa orang terkadang mengalami kesulitan tidur dan merasa kurang nyenyak tidur di malam hari. Hingga akhirnya kala bangun tidur dirinya pun masih merasa kelelahan dan membutuhkan waktu tidur lebih banyak. Hal ini akhirnya membuat kita sulit fokus melakukan aktivitas.

Untuk itu, berikut ini telah dirangkum cara meningkatkan kualitas tidur di malam hari,

1. Hindari minum stimulan sekitar empat jam sebelum waktu tidur
Menghindari stimulan seperti kopi yang mengandung kafein dan alkohol setidaknya empat jam sebelum waktu tidur dapat membantu kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Jika kamu terus memaksakan minum stimulan, maka nantinya akan terasa sulit untuk tertidur di malam hari atau akan sering bangun kala sedang tidur.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Bakal Kembalikan Ujian Tulis Tangan, Lawan AI ChatGP

2. Batasi Tidur Siang
Ketika hari mulai siang terkadang mata mulai terasa mengantuk, apalagi setelah makan siang. Untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut, tidurlah selama 20 menit, tidak boleh lebih lama.

Jika kita terlalu banyak tidur di siang hari, tentu kita menjadi tidak ngantuk pada malam hari. Hingga akhirnya sulit untuk tidur.

Selain itu, tidur siang lebih dari 20 menit di siang hari dapat menyebabkan inersia tidur, yakni pusing atau disorientasi yang dirasakan setelah bangun tidur. Sensasi ini dapat bertahan selama dua hingga empat jam.

Untuk itu, alangkah baiknya ketika mata mulai mengantuk di siang hari, cobalah untuk menahannya dengan jalan-jalan sebentar, olahraga, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x