Ayah Musti Baca, Begini Tanda Jika Baby Blues Terjadi Pada Kalian

- 13 Agustus 2023, 08:43 WIB
Family
Family /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Baby blues sangat erat kaitannya dengan ibu yang baru saja melahirkan. Kenyataannya, baby blues juga bisa terjadi pada ayah.

Baby blues merupakan kondisi yang umum dialami wanita pasca-melahirkan. Mereka biasanya merasa sedih, tidak berdaya, bingung, hingga perasaan tidak berguna untuk bayi yang baru dilahirkan.

Pria yang baru menjadi ayah juga bisa mengalami kondisi ini. Para ayah bisa merasakan kekhawatiran dan perasaan takut saat baru memiliki anak.

Meski demikian, baby blues yang dialami ayah tidak sama persis dengan baby blues pada ibu.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Artikel Beserta Penjelasannya

Jika baby blues pada perempuan terjadi berdekatan dengan kelahiran, kondisi ini pada ayah justru bisa terjadi lebih lambat. Baby blues pada ayah bisa terjadi sekitar satu atau bahkan enam bulan setelah anak lahir.

Mengutip Babycenter, ada banyak faktor yang bisa membuat seorang ayah mengalami baby blues. Beberapa hal yang umum yakni sebagai berikut:

1. Takut menjadi ayah
Pria merasa tanggung jawab mereka bertambah setelah memiliki anak. Mereka kemudian memiliki kekhawatiran tentang tanggung jawab baru tersebut.

Para ayah juga mulai merasakan kebebasan yang hilang sedikit demi sedikit karena memiliki kewajiban baru sebagai ayah. Hal ini bisa memicu rasa takut dan khawatir akan ketidakmampuan mengurus anak.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x