Ingin Tulisan Kreatif dan Viral? Simak Tata Caranya Disini

- 7 Juli 2023, 20:40 WIB
Judul Artikel
Judul Artikel /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Dalam dunia digital yang kaya akan informasi, membuat konten viral sangatlah penting untuk menarik perhatian sehingga mendatangkan pembaca. Penulis hanya perlu untuk menceritakan sesuai isu yang tengah trending.

Tulisan berisikan kejadian apa adanya tanpa penambahan atau pengurangan. Penulis juga harus memperhatikan kata kunci hingga Search Engine Optimization (SEO).

"Selain itu, penting bagi penulis untuk memperhatikan skala viralitas saat ingin menggarap konten viral," ujar Rahmi Nurfajri, selaku mentor pelatihan konten viral dan kreatif pada Pelatihan Pikiran Rakyat Media Network (PRNM), Kamis, 6 Juli 2023.

Jika sudah paham, maka secara otomatis, seorang penulis akan bisa membuat konten kreatif. Secara singkat, konten kreatif adalah running berita dari isu viral. Tulisan lanjutan dibumbui pengembangan yang lebih menarik, menampilkan sisi unik, dan nantinya menjadi konten turunan dari isu tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Baik untuk Produktivitas Sehari-hari

Keuntungan yang didapat dalam mencoba konten kreatif yaitu agar pembaca mendapatkan sudut pandang baru dari suatu peristiwa. Trendingnya harus terukur baik di google trend, analytics, trending topik di media sosial dan konten viral.

"Tidak boleh sembarangan dalam menerbitkan artikel hanya karena ikut-ikutan. Konten kreator harus bisa memastikan terlebih dahulu bahwa kabar yang menjadi viral tersebut benar adanya," lanjutnya.

Ketika konten kreator memutuskan untuk membuat konten kreatif, hal yang perlu diperhatikan adalah mencoba berpikir secara luas. Tujuannya adalah untuk mendongkrak traffic dan memaksimalkan kata kunci yang sedang trending.

Dalam membuat konten kreatif, kata Rahmi, kata kunci artikel konten kreatif dan trending haruslah sama. Tidak boleh cocoklogi ataupun harus tahu batasan etika.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x