Mengenal Jenis-jenis Artikel Beserta Penjelasannya

- 11 Agustus 2023, 11:04 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pexels/


EDITOR NEWS
 - Artikel merupakan salah satu jenis karya tulis yang berbeda dari puisi dan novel serta terbagi menjadi beberapa jenis. Semua jenis-jenis artikel berisi tentang kritik, saran, gagasan, dan informasi yang memerlukan cek fakta.

Berbeda dengan novel dan puisi yang bersifat fiksi dan sebagian berasal dari khayalan penulis, artikel tidak demikian. Artikel memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pembaca misalnya artikel tentang tips dan trik menyelesaikan sesuatu.

Jenis-Jenis Artikel

Jumlah kata setiap artikel biasanya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Namun rata-rata artikel berisi 500 sampai 600 kata dan isinya to the point. Ada aturan tertentu yang digunakan dalam penulisan artikel. Namun sebelum itu kenali dulu jenis artikel di bawah ini:

1. Artikel Narasi

Artikel narasi merupakan artikel yang berisi penjelasan tentang suatu peristiwa yang pernah terjadi dalam kurun waktu tertentu. Isi dari artikel narasi biasanya dibuat secara mendalam agar pembaca bisa mendapatkan informasi lengkap.

Pembagian artikel narasi ada 4 macam yaitu narasi ekspositorik, narasi artistik, narasi sugestif, dan terakhir adalah narasi informatif.

2. Artikel Persuasi

Jasa artikel SEO juga menulis artikel persuasi yang termasuk salah satu jenis-jenis artikel yang berisi ajakan atau bujukan untuk melakukan sesuatu. Agar seseorang mau melakukan sesuatu tentu perlu menuliskan kalimat ajakan yang menarik.

Setiap orang pasti memiliki pendapatnya masing-masing yang bisa dituliskan dalam sebuah artikel. Seperti artikel opini yang mengandung banyak pendapat pribadi dari penulis sehingga bersifat objektif.

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis artikel Anda bisa mulai membuat artikel yang diinginkan. Jika Anda adalah pemilik website dan membutuhkan jasa penulisan artikel, Anda dapat klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

3. Artikel Ilmiah Populer

Jenis artikel ketiga adalah artikel ilmiah populer yang sering ditemukan di tabloid, majalah, media massa, dan media digital lain. Jumlah kata dalam artikel ilmiah populer berbeda-beda tergantung dari kebutuhan.

Kalimat yang dipilih dalam penulisan artikel ilmiah populer harus objektif, efektif, logis, dan efisien. Dalam penulisan artikel ilmiah, penulis juga mencantumkan sumber valid yang diambil dari buku atau jurnal ilmiah.

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x