Prinsip Orang Jepang yang Dapat Diterapkan Melawan Rasa Malas

- 9 Februari 2023, 21:39 WIB
Gambar orang yang terserang rasa malas,
Gambar orang yang terserang rasa malas, /

EDITORNEWS.ID – Malas adalah tidak mau mengerjakan sesuatu atau tidak ada semangat dalam mengerjakannya. Rasa tersebut dapat menimbulkan kesan negatif terhadap seseorang. Pasalnya ketika akan melakukan sesuatu, lebih memilih menundanya padahal waktunnya ada alhasil pekerjaan tersebut tidak selesai.

Sebenarnya perilaku tersebut adalah hal yang wajar, namun apabila dilakukan secara terus menerus tentu menimbulkan rasa malas. Alhasil membuat pekerjaan seseorang menjadi tidak beres dan hasilnya kurang maksimal.

Terdapat beberapa cara untuk melawan rasa malas, salah satunya adalah prinsip yang berasal dari negara yang terkenal dengan etos kerja dan disiplinnya. Negara tersebut adalah Jepang, mereka mempunyai prinsip namanya kaizen dan prinsip tersebut sudah ditanamkan sejak kecil.

Berdasarkan dari beberapa sumber, kaizen adalah prinsip untuk melatih tanggung jawab dan disiplin. Secara bahasa kaizen memiliki dua arti yakni “kai” berarti berubah dan “zen” berarti kebijaksanaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa perubahan dalam hidup bisa dicapai dengan cara perlahan dan penuh kebijaksanaan.

Baca Juga: Badan Gemuk Namun Sulit Membakar Lemak? Begini Solusinya!

Prinsip ini bisa juga diartikan prinsip satu menit, artinya melakukan kegiatan selama satu menit. Misalnya membaca selama satu menit, namun melakukannya secara terus menerus (rutin) nantinya hal tersebut akan membentuk menjadi kebiasaan baru.

Ternyata selain membentuk kebiasaan baru, hal tersebut juga dapat melatih tanggung jawab dan disiplin. Sebab besoknya seseorang merasa memiliki tugas yang harus dikerjakan dan termotivasi untuk melakukannya.

Alasan dibalik melakukan kegiatan selama satu menit adalah ketika seseorang berhasil melakukannya hal tersebut akan meningkat dengan sendirinya, sebab dilatar belakangi dengan rasa puas atas tanggung jawabnya.

Apabila melakukan kebiasaan baru secara lama langsung justru hal tersebut akan menimbulkan rasa malas. Kegiatan tersebut akan terasa menjadi beban, sehingga melakukannya dengan rasa terpaksa. Karena tidak ada kegiatan dan hasil yang dapat diperoleh secara instan.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala? Kenali Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x