Bermain Puzzle, Catur, dan Belajar Bahasa Baru Dapat Mencegah Demensia Frontotemporal

- 17 Februari 2023, 23:31 WIB
Ilustrasi seseorang menhubungkan kepingan puzzle, diambil dari Senjin Pojckic (Pixabay).
Ilustrasi seseorang menhubungkan kepingan puzzle, diambil dari Senjin Pojckic (Pixabay). /

EDITORNEWS.ID – Aktor senior Hollywood Bruce Willis, yang pernah membintangi film Die Hard  mengalami demensia frontotemporal. Penyakit tersebut merupakan jenis demensia yang tidak biasa.

Penyakit ini bisa menimbulkan gangguan perilaku dan bahasa.

Secara harfiah demensia merupakan sebutan untuk masalah kemampuan mental yang dipengaruhi oleh kerusakan pada otak. Penyakit tersebut dapat mempengaruhi gangguan perilaku dan bahasa.

Demensia frontotemporal adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi otak bagian depan dan samping atau dalam dunia kesehatan dinamai lobus frontal dan temporal. Penyakit tersebut cenderung berkembang secara perlahan dan bertahap, kemudian memburuk selama beberapa tahun.

Seseorang yang dapat terserang penyakit tersebut diperkirakan pada usia 40 sampai 65 tahun. FTD adalah penyebab 10 persen hingga 20 persen dari semua diagnosis demensia.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Sakit Maag

Tanda-tanda orang terserang penyakit demensia frontotemporal diketahui ketika mengalami perubahan kepribadian dan perilaku. Biasanya orang akan bertindak secara cepat atau impulsive, terlihat egois, mengabaikan kebersihan diri, makan berlebihan, dan kehilangan motivasi beraktivitas.

Selain itu juga bisa dilihat ketika mengalami kendala bahasa, seperti berbicara dengan tempo lambat, kesulitan mengucapakan sepatah kata, kata yang dituturkan tidak tertata dengan rapi atau belepotan.

Tanda lainnya dapat mempengaruhi kondisi mental, seperti mudah teralihkan dan kesulitan membuat rencana. Selain itu, pada masalah neurologi dapat mempengaruhi memori, namun tidak seburuk penyakit Alzheimer.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x