TPS 3R Solusi Penangan Sampah Kota Jambi

- 7 Juni 2021, 14:48 WIB
Pengolahan sampah kota Jambi
Pengolahan sampah kota Jambi /

EDITORNEWS - Permasalahan sampah di perkotaan sampai saat ini selalu menjadi momok pemerintah dan juga masyarakat, khususnya di kota besar.

Tumpukan dan timbulan sampah di titik tertentu di sudut kota di pinggir jalan membuat pusing aparatur pemerintah dalam penataan kota.

Tumpukan sampah muncul di mana-mana yang berdampak pada kumuhnya kota dan mengurangi keindahan dan estetika kota.

Baca Juga: Tidak Lagi Diduduki Bos Samsung, Berikut Orang Terkaya di Korea Selatan

Rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah menjadi kendala tidak terkendalinya timbunan sampah di per kotaan.

TPA pun sudah semakin 'Over Capacity', sementara untuk melakukan pengembangan membutuhkan lahan yang luas dan biaya yang tidak sedikit.

TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah 3R, Reduce, Reuse, Recycling) yang dikembangkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (PUPR) di berbagai kota di Indonesia diaharapkan menjadi pendorong munculnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah di lingkungan sampai tingkat rumah tangga.

Kota Jambi sebagai salah satu kota besar tingkat sedang dengan jumlah penduduk di atas 500.ribu jiwa juga mendapatkan program TPS 3R sejak tahun 2008 yang pengelolaanya diserahkan kepada masyarakat melalui lembaga Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). 

Baca Juga: Melalui Program TMMD ke 111, Kodim Sarko Siap Wujudkan Sinergi Membangun Negeri

Dari Santoso, Kasi Pengurangan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, dikatakan sampai dengan saat ini sudah ada 12 TPS 3R yang didirikan di Kota Jambi di beberapa kelurahan, ada sekitar 7 TPS 3R yang aktif beroperasi.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x